Melalui beragam inovasi, Disdukcapil Solok permudah pelayanan ke masyarakat

id Disdukcapil Solok,inovasi disdukcapil solok

Melalui beragam inovasi, Disdukcapil Solok permudah pelayanan ke masyarakat

Kepala Disdukcapil Solok Riki Carnova saat memimpin apel gabungan OPD Kabupaten Solok (ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Solok)

Arosuka (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Solok, Sumatera Barat menciptakan beragam inovasi untuk mempermudah pelayanan ke masyarakat di daerah itu.

"Disdukcapil Kabupaten Solok melakukan banyak pengembangan inovasi diantaranya ada aplikasi 'marawa' yang sebelumnya hanya bisa diakses melalui telepon pintar tahun ini akan kita adakan di masing-masing nagari," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Solok Riki Carnova di Arosuka, Senin.

Selain itu, ia juga mengatakan untuk proses pencetakan KTP yang sebelumnya hanya bisa dicetak di kantor Arosuka, sekarang sudah bisa dicetak di dua wilayah, yaitu di Kecamatan Singkarak dan Lembah Gumanti.

Disdukcapil Kabupaten Solok juga akan mengadakan kerja sama dengan pemerintah Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan dalam perekaman dan pencetakan KTP luar domisili.

"Sehingga bisa lebih memudahkan pelayanan terhadap saudara kita yang tinggal di daerah Kota Solok, Kecamatan Kubung, Sungai Lasi, Bukit Sundi, Surian dan Kabupaten Solok Selatan," ujar dia saat memimpin apel pagi di halaman kantor bupati Solok.

Inovasi selanjutnya yang akan dibangun adalah tuntas Perekaman melalui kerja sama dengan Kepala cabang Dinas Pendidikan Sumatera Barat dalam rangka tuntas perekaman pemilih pemula untuk siswa SLTA di Kabupaten Solok dalam rangka menghadapi Pemilu serentak tahun 2024.

"Selanjutnya Tahun 2023 ini kita juga akan melaksanakan tuntas Akta dan KIA untuk anak balita melalui kerja sama dengan Dinas Kesehatan, Dinas DPMN dan seluruh wali nagari di Kabupaten Solok," kata dia.

Menurut dia mesti banyak inovasi yang dilakukan saat ini oleh setiap DKPD untuk mewujudkan harapan bupati Solok dalam mencapai peringkat 10 besar di tingkat nasional dalam hal standar pelayanan publik pada 2023 ini.

"Saat ini kita juga akan berkolaborasi dengan Ombudsman RI perwakilan Sumbar dalam rangka pembinaan kepada beberapa SKPD. Untuk itu diharapkan bantuan dan dukungan dari kita bersama," kata Riki.

Sebelumnya bupati Solok telah menerima penghargaan kualitas tertinggi uji kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman Sumbar. Daerah itu juga menjadi salah satu kabupaten terbaik di Sumatera Barat.

"Tidak hanya itu Kabupaten Solok juga menjadi kabupaten terbaik dalam penurunan angka stunting dengan loncatan sebelumnya berada pada angka 40 persen dan sekarang telah berhasil ditekan ke angka 24 persen," ucap dia.