Wisatawan luar Sumbar mulai ramai kunjungi Batang Tabik Water Park di Limapuluh Kota

id Batang Tabik Water Park di Limapuluh Kota,Pariwisata Limapuluh Kota,Berita Limapuluh Kota

Wisatawan luar Sumbar mulai ramai kunjungi Batang Tabik Water Park di Limapuluh Kota

Pengunjung wisata saat menikmati objek wisata air Batang Tabik Water Park yang terletak di Nagari Kamuyang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Antara/Akmal Saputra

Payakumbuh (ANTARA) - Wisata air Batang Tabik Water Park yang terletak di Nagari Kamuyang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang saat ini ramai dikunjungi masyarakat sekitar bahkan wisatawan dari luar provinsi tersebut.

"Beberapa hari terakhir sudah mulai ramai baik dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota maupun dari luar kota termasuk dari beberapa provinsi tetangga seperti Pekanbaru dan Riau," kata Pengelola Batang Tabik, Reo di Payakumbuh, Rabu (28/12).

Ia mengatakan bahwa salah satu keunggulan Batang Tabik yang ditawarkan adalah penggunaan air murni tanpa bahan-bahan kimia, seperti pemutih ataupun kaporit.

Sebab, Nagari Sungai Kamuyang merupakan salah satu penghasil air terbesar di Kabupaten Limapuluh Kota bahkan jadi penyuplai utama air PDAM untuk Kota Payakumbuh.

Dengan menggunakan air murni, para pengunjung pun bisa bermain air sepuasnya tanpa ada ketakutan terhadap efek samping yang akan dirasakan ketika selesai mandi.

"Daerah kita ini punya potensi air yang besar. Potensi itu yang kita maksimalkan dengan menyiapkan wahana air murni," katanya.

Menurutnya pilihan menggunakan air murni membuat mereka harus melakukan perawatan ekstra. Pasalnya, lumut lebih cepat tumbuh ketika air yang digunakan tidak dicampur dengan bahan kimia.

"Perawatan harus lebih intensi. Paling lama setiap dua hari harus dilakukan pembersihan kolam," ujarnya.

Ikuti Survei Kesadaran Merek ANTARA: Klik Disini

Beberapa fasilitas yang ada di Batang Tabik Water Park seperti wahana perosotan ban, kolam ember, perosotan keluarga, kolam semi internasional dengan panjang 25 meter, mushola, toilet 36, tempat bilas, dan lainnya.

Selanjutnya juga ada titik swafoto yang menarik perhatian adalah sejumlah patung, diantaranya patung kura-kura, patung kerbau, patung burung, dan beberapa patung binatang air lain.

Khusus untuk di akhir tahun, kata dia, pengelola akan menyediakan hiburan tambahan bagi pengunjung yakni akustikan.

"Kita juga menyediakan promo-promo. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan promo bisa langsung menghubungi ke instagram kita," ujarnya

Ia mengatakan untuk menambah kenyamanan pengunjung khususnya yang membawa anak kecil, pengelola juga telah menyiapkan keamanan di setiap kolam.

"Selain kenyamanan tentu kita juga berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan keamanan bagi pengunjung kita," ujarnya.

Sementara salah seorang pengunjung dari Pekanbaru Ikhsan (38) mengatakan cukup sering untuk memilih Batang Tabik menjadi destinasi wisatanya bersama keluarga.

"Airnya bersih dan tanpa kaporit jadi saya merasa lebih aman bagi keluarga khususnya untuk anak saya. Harapan saya tentu ada tambahan wahana nantinya," kata dia.