Pemprov Sumbar salurkan 2.450 alsintan sepanjang 2022

id Pemprov Sumbar,Gubernur Sumbar Mahyeldi,Berita Pariaman,Berita sumbar

Pemprov Sumbar salurkan 2.450 alsintan sepanjang 2022

Gubernur Sumbar Mahyeldi (kanan) bersama Wali Kota Pariaman Genius Umar (kiri) sedang melihat alsintan saat penyaluran alsintan perontok padi dan jagung di Pariaman, Senin. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyalurkan 2.450 alat dan mesin pertanian (alsintan) dengan nilai anggaran sekitar Rp25 miliar sepanjang 2022 kepada petani guna meningkatkan produksi pertanian di daerah itu.

"Alsintan yang dibagikan tersebut bertujuan untuk meningkat produksi pertanian guna meningkatkan perekonomian petani di Sumbar," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat penyaluran alsintan perontok padi dan jagung di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan dengan adanya bantuan alsintan tersebut maka dapat meningkatkan dan mempercepat produksi hasil pertanian sehingga perekonomian para petani bisa meningkat.

Ia menyebutkan produksi pertanian khususnya beras mencapai 1,32 juta ton dan jagung sekitar 940 ribu ton pada 2022. Untuk beras mengalami surplus sehingga tidak saja memenuhi kebutuhan dalam provinsi namun juga luar daerah itu.

Sedangkan jagung memiliki potensi besar karena akan dibuka pabrik pakan di Padang pada 2023.

Ikuti Survei Kesadaran Merek ANTARA: Klik Disini

Mahyeldi mengatakan alsintan yang dibagikan tersebut dibeli dari pengusaha yang ada di Sumbar agar APBD provinsi itu dirasakan oleh warga setempat sehingga ada perputaran uang di dalam daerah.

Ia menjelaskan hal tersebut dilakukan guna mendukung pertumbuhan usaha dalam provinsi itu sehingga mereka dapat berkembang.

"Oleh karena itu kami mengundang perantau untuk berinvestasi di kampung halaman," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan alsintan dibutuhkan petani untuk meningkatkan dan mempercepat proses pertanian apalagi daerah itu sedang fokus pada sektor tersebut.

"Alhamdulillah hari ini kita (Pariaman) menerima bantuan beberapa mesin perontok padi dan jagung," ujarnya.

Ia berharap dengan bantuan tersebut maka dapat meningkatkan perekonomian petani di daerah itu.

Adapun banyak bantuan yang diterima oleh Pariaman yaitu sebanyak 13 unit yang terdiri dari sembilan perontok padi dan empat mesin perontok jagung.