Menteri BUMN setuju perpanjang jalur kereta api di Sawahlunto, Ajak direksi asal Sumbar gotong royong

id erick thohir,menteri bumn,mak itam,reaktivasi kereta api

Menteri BUMN setuju perpanjang jalur kereta api di Sawahlunto, Ajak direksi asal Sumbar gotong royong

Menteri BUMN Erick Thohir meninjau jalur rel kereta api di Sawahlunto, sebelum peresmian reaktivasi perkeretapian di kota itu, Selasa. (ANTARA/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengarahkan jajaran Direksi BUMN yang berasal dari Sumatera Barat atau urang awak untuk bersama-sama membantu memperpanjang jalur kereta api wisata di Sawahlunto sehingga bisa sampai ke Stasiun Silungkang.

"Kita sudah membuktikan dengan bergotong royong antara BUMN, Pemprov Sumbar, Pemkot Sawahlunto dan unsur lainnya, maka bisa melakukan reaktivasi (pengoperasian kembali) perkeretaapian di Sawahlunto. Kini pak Wali Kota Sawahlunto meminta agar jalurnya diperpanjang lagi sampai ke Stasiun Silungkang, saya rasa kita bisa kembali menggunakan cara yang sama yaitu bergotong royong," katanya saat melakukan kunjungan ke Sawahlunto, Selasa.

Untuk itu, dia meminta jajaran Direksi BUMN yang berasal dari Sumatera Barat untuk segera menyiapkan dukungan untuk membangun sarana dan prasarana perkeretapian dari stasiun Muaro Kalaban menuju stasiun Silungkang yang pada estimasi awalnya diperkirakan membutuhkan sampai Rp15 miliar.

"Cukup banyak Direksi BUMN yang berasal dari Ranah Minang. Sekarang saya mau mengajak mereka untuk memberikan sumbangsih pada Sumatera Barat khususnya Sawahlunto. Mari bersama-sama kita buat 'Mak Itam' bisa berjalan sampai ke stasiun Silungkang," katanya.

Erick menyebut jika sekarang untuk reaktivasi perkeretapian dari stasiun Sawahlunto menuju stasiun Muaro Kalaban melalui bantuan empat BUMN yakni PT. Kereta Api Indonesia, PT. Semen Indonesia Group, PT. Pupuk Indonesia dan PT. Biofarma, maka untuk memperpanjang sampai ke stasiun Silungkang dirinya mempersilahkan BUMN lain untuk bergantian ikut membantu.

Menyambut setujunya Menteri Erick atas permintaan memperpanjang jalur kereta ke stasiun Muaro Kalaban itu, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya.

"Terima kasih banyak Pak Erick, persetujuan dan arahan beliau kembali akan menjadi kunci terwujudnya mimpi masyarakat Sawahlunto dalam menikmati berjalannya kembali kereta api. Sekarang persetujuan dan arahan pak Erick mimpi kami kereta sampai ke Muaro Kalaban telah nyata, besok mimpi kereta sampai ke Silungkang juga akan menjadi nyata dengan persetujuan dan arahan pak Erick sekarang," kata dia.

Ia menyebut penting untuk memperpanjang jalur kereta api wisata tersebut sampai ke Silungkang, sebab di sana telah ada stasiun dan daerah Silungkang juga menawarkan destinasi wisata yang menarik ditambah produk UMKM kaya sejarah seperti Songket Silungkang.

"Kalau kereta api wisata ini sampai ke Silungkang, nanti wisatawan yang turun di sana bisa menikmati banyak pilihan destinasi wisata dan produk UMKM. Selain itu rasanya belum sah disebut kereta wisata Sawahlunto jika belum sampai ke Silungkang karena Silungkang itu termasuk wilayah Sawahlunto," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2023