Hampir seluruh provinsi di Sumatera berpeluang diguyur hujan lebat

id potensi hujan,cuaca indonesia,mitigasi banjir

Hampir seluruh provinsi di Sumatera berpeluang diguyur hujan lebat

Awan gelap penanda hujan meliputi langit di atas Sungai Kapuas di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (14/12/2022). (ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Indonesia pada Kamis.

Menurut informasi prakiraan cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Bagian wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga menghadapi potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Selain itu, BMKG mengimbau para nelayan dan operator kapal mewaspadai potensi gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan pada Kamis hingga Jumat (16/12) pukul 07.00 WIB.

Gelombang setinggi 2,5 sampai empat meter berpeluang menghampiri perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano, Perairan Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna, perairan utara dan barat Kepulauan Natuna, Perairan Kepulauan Subi-Serasan, perairan utara Kepulauan Anambas, dan Samudra Hindia barat Kepulauan Simeulue hingga Lampung.

Sedangkan tinggi gelombang di wilayah Laut Natuna Utara diprakirakan empat sampai enam meter pada Kamis hingga Jumat (16/12).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hujan lebat berpeluang mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia