Jalur pendakian Gunung Kerinci via Solsel raih penghargaan API 2022

id penghargaan API 2022,jalur pendakian gunung kerinci ,solok selatan,sumatera barat

Jalur pendakian Gunung Kerinci via Solsel raih penghargaan API 2022

Wakil Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Yulian Efi (empat kanan) menerima penghargaan API Award 2022 untuk jalur pendakian Gunung Kerinci via Solok Selatan. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok Selatan)

Padang Aro, (ANTARA) - Jalur pendakian Gunung Kerinci via Solok Selatan, Sumatera Barat, meraih juara 2 dalam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award Tahun 2022 pada kategori Olahraga dan Petualangan.

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi di Padang Aro, Selasa mengatakan penghargaan yang diterima di Komplek Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh, pada Jum'at (25/11/2022) itu menjadi motivasi bagi pemerintah dan masyarakat daerah itu untuk terus merawat, menjaga dan melestarikan potensi-potensi wisata daerah itu.

"Tentunya ini akan semakin mempromosikan objek wisata Solok Selatan lebih baik lagi ke depannya," katanya.

Penghargaan ini, katanya merupakan hasil dukungan dari semua pihak terkait dan masyarakat Solok Selatan. "Terima kasih atas partisipasi dan dukungan masyarakat Solok Selatan, semoga ke depan pariwisata kita di Kabupaten Solok Selatan makin berkembang," katanya.

Di sisi lain, Pemkab Solok Selatan berencana mencari jalur pendakian gunung dengan ketinggian 3.805 mdpl ini yang lebih dekat dibanding jalur saat ini.

Survei ulang jalur pendakian gunung api aktif tertinggi di Indonesia ini untuk mencari trek terdekat mencapai puncak karena jalur yang ada saat ini melalui pintu masuk Bangun Rejo memakan waktu lama, sekitar tiga sampai empat hari, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Mardiana.

Ia menyebutkan jalur anyar yang akan disurvei ini dengan panjang sekitar 9 kilometer melalui Camintoran, Kecamatan Sangir, di ketinggian 1.200 mdpl dan mampu ditempuh sekitar 6-8 jam.

Dengan jalur yang lebih pendek diharapkan mendongkrak peningkatan pendakian ke puncak Gunung Kerinci melalui Solok Selatan.

Data Balai Besar TNKS belum ada aktivitas pendakian gunung yang berada di jajaran Bukit Barisan ini melalui Solok Selatan pada tahun ini.

"Belum ada pendakian dari Solok Selatan usai ditutup sementara karena COVID-19 hingga penutupan sementara akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Kerinci pada 19 Oktober 2022 ," Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat wilayah IV di Solok Selatan, David.

Sejak 19 Oktober 2022, Balai Besar TNKS menutup sementara trek wisata pendakian Gunung Kerinci baik dari Kersik Tuo, Kerinci, Provinsi Jambi dan Solok Selatan, Sumatera Barat, karena adanya peningkatan aktivitas vulkanik gunung tersebut. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2023