Desrio Putra minta gubernur desak Kemendagri evaluasi APBD-P 2022

id Sumbar,Padang,APBD perubahan

Desrio Putra minta gubernur desak Kemendagri evaluasi APBD-P 2022

Anggota Komisi I DPRD Sumbar Desrio Putra (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Anggota Komisi I DPRD Sumatera Barat Desrio Putra meminta Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan evaluasi APBD Perubahan Sumbar 2022 yang telah disepakati agar anggaran daerah dapat segera terserap.

"Kita mengingatkan agar gubernur mendesak Kemendagri perihal evaluasi APBD-P agar kemudian bisa diregistrasi dan penyusunan DIPA," kata dia saat interupsi dalam rapat paripurna penyampaian nota pengantar RAPBD Sumbar di Padang, Senin.

Menurut dia jika evaluasi Kemendagri itu terlalu lama maka akan membuat pelaksanaan kegiatan akhir tahun anggaran akan terhenti.

"Pada akhirnya penyerapan anggaran akan rendah dan Sisa lebih perhitungan anggaran tahun lalu (Silpa) tahun 2022 menjadi besar," kata dia.

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan dirinya sudah melakukan koordinasi dengan Sekjen Kemendagri terkait evaluasi ini dan juga melakukan koordinasi dengan OPD terkait hal ini,

"Kita masih menunggu jawaban dan nanti akan kita informasikan kembali," kata dia.

Menurut dia waktu yang tinggal hanya dua bulan yakni November dan Desember sehingga percepatan penyerapan anggaran harus dilakukan agar anggaran yang ada dapat terserap optimal.

"Kita rapatkan hal ini dengan kepala OPD dan mencatat program apa yang belum terealisasi dan dapat dikerjakan dalam waktu yang tersisa ini," kata dia.