Pertunjukan orang-orangan sawah di tengah sawah meriahkan RSBG

id Pertunjukan, orang-orangan sawah, di tengah sawah, meriahkan RSBG

Pertunjukan orang-orangan sawah di tengah sawah meriahkan RSBG

Pertunjukan orang-orangan sawah di tengah sawah meriahkan RSBG (ANTARA/HO-Prokomp Solok)

Solok (ANTARA) - Pertunjukan orang-orangan sawah di tengah sawah turut memeriahkan rangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) yang digelar pemerintah Kota Solok selama empat hari berturut-turut mulai dari 22 hingga 25 September 2022.

Tuo Silek Sin-Pia, Kota Solok, Datuak Tanpanggak di Solok, Minggu mengatakan orang-orangan sawah merupakan replika manusia dipakaikan baju tradisional galembong yang biasa pakai petani atau baju silek yang di tempatkan di tengah sawah Solok dengan tujuan untuk menakut-nakuti burung atau hama lainnya ketika padi masak.

"Orang-orangan sawah menjadi permainan anak nagari yang dilakukan setelah panen tiba di sawah Solok," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan permainan anak nagari berupa orang-orangan sawah hanya sekadar untuk hiburan semata walaupun permainan ini ada kekuatan spiritual di dalamnya.

"Kendati demikian semua itu atas izin Allah SWT, tidak ada persekutuan dengan setan dan tidak ada pemain yang kesurupan dalam melakukan permainan tersebut," kata dia.

Pemain ikut memegang orang-orang sawah dalam keadaan sadar dan berusaha kuat untuk mengendalikan orang-orang sawah.

"Inilah yang disebut dengan permainan anak nagari orang-orangan sawah. Karena susah dikendalikan atas izin Allah," ucap dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan siapa saja boleh untuk ikut memegang orang-orangan sawah.

Namun tidak diperkenankan bagi orang yang memiliki riwayat penyakit berupa sakit jantung, sesak napas, dan sangat dilarang orang yang takabur karena menghindari atas hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia juga mengatakan amanat yang bisa dipetik dalam pertunjukan orang-orangan sawah ini ialah terutama bagi generasi milenial bahwa permainan ini memperlihatkan fakta tentang hal-hal yang bersifat gaib itu ada.

Selain disuguhkan pertunjukan orang-orangan sawah, pengunjung juga dihibur dengan penampilan permainan anak nagari berupa batuang gilo (bambu gila) dalam rangka memeriahkan Rang Solok Baralek Gadang (RSBG).

Permainan anak nagari batuang gilo juga merupakan salah satu permainan dengan tujuan untuk menghibur, kendati ada kekuatan spiritual di dalamnya. Namun semua itu atas izin Allah.