Bawaslu Pasbar lakukan tes tertulis metode CAT bagi calon anggota Panwascam

id Bawaslu Pasbar,Pemilu 2024,Panitia Pengawas Pemilu,Berita pasbar,Berita sumbar

Bawaslu Pasbar lakukan tes tertulis metode CAT bagi calon anggota Panwascam

Bawaslu Pasaman Barat saat menerima pendaftaran calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan untuk Pemilu 2024, Kamis. (Antara/Altas Maulana).

Simpang Empat (ANTARA) - Badan Pengawasan Pemilu Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memberlakukan tes tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) bagi calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024.

"Bagi peserta yang lulus administrasi akan mengikuti tes tertulis dengan metode komputer atau metode CAT," kata Ketua Bawaslu Pasaman Barat Emra Patria di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan dengan tes menggunakan komputer maka hasilnya lebih akurat dan langsung diketahui oleh peserta.

Untuk itu, katanya, kepada para peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan maksimal mempelajari peraturan terkait kepemiluan dan informasi kepemiluan.

Menurutnya Bawaslu Pasaman Barat akan menerima anggota Panwascam sebanyak 33 orang di 11 kecamatan. Artinya, tiga orang per kecamatan.

"Pembukaan pendaftaran dilakukan 21 September sampai 27 September 2022 dengan mengantarkan berkas lamaran ke kantor Bawaslu atau melalui PT Pos," katanya.

Setelah seleksi administrasi, katanya, maka bagi yang lulus akan mengikuti tes tertulis dan diambil enam orang untuk mengikuti tes wawancara.

"Yang enam lulus per kecamatan itu akan menjalani tes wawancara dengan sistem gugur dan diambil tiga orang per kecamatan dengan total semua yang akan diterima 33 orang," ujarnya.

Ia menambahkan untuk syarat minimal saat mendaftar berusia 15 tahun dan berdomisili di Pasaman Barat dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk secara elektronik.

Ini terbuka kesempatan bagi warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu Kecamatan.

"Masyarakat dapat mengakses informasi pengumuman pendaftaran calon anggota Panwascam melalui pengumuman pendaftaran di laman Bawaslu Pasaman Barat media sosial dan Sekretariat Bawaslu Pasaman Barat," jelasnya.

Ia berharap anggota Panwaslu Kecamatan yang terpilih nantinya merupakan orang yang mempunyai dedikasi tinggi, profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas pengawasan semua tahapan Pemilu 2024 nantinya.***2***