Tim Pora Sumbar siapkan strategi pengawasan sambut VBWS 2023

id Tim Pora Sumbar,Visit Beautiful West Sumatera (VBWS)

Tim Pora Sumbar siapkan strategi pengawasan sambut VBWS 2023

Rapat koordinasi tim Pora Sumatera Barat (Sumbar) untuk membahas agenda Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar, di Padang, Selasa (6/9). ANTARA/FathulAbdi

Padang (ANTARA) - Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan strategi pengawasan untuk menyambut agenda Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 yang telah dicanangkan oleh pemerintah provinsi setempat.

Agenda tersebut diketahui merupakan kampanye serta upaya pemerintah daerah dalam memulihkan serta meningkatkan perekonomian daerah setempat lewat sektor pariwisata.

"Pemerintah provinsi telah membuat agenda VBWS 2023 untuk memajukan sektor pariwisata, hal ini tentu akan berdampak pada kunjungan orang asing ke Sumbar," kata Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Sumbar Noviato Sulastono, usai membuka rapat koordinasi Tim Pora di Padang, Selasa.

Oleh karena itu, katanya, tim Pora yang merupakan gabungan petugas dari berbagai instansi atau lembaga terkait juga ikut menyiapkan diri dalam melaksanakan fungsi pengawasan.

"Pada hakekatnya kami pasti mendukung upaya memajukan pariwisata sebagai salah satu potensi milik Sumbar, namun tetap harus dibarengi dengan pengawasan," jelasnya.

Novianto meyakini peningkatan jumlah kunjungan orang asing akan dibarengi oleh kemungkinan-kemungkinan munculnya kerawanan di sisi pelanggaran terkait keimigrasian, keamanan, dan ketertiban.

"Jangan sampai orang asing yang masuk ke Sumbar malah memberikan efek negatif dengan melakukan pelanggaran baik itu terkait keimigrasian maupun pelanggaran hukum," katanya.

Ia menyatakan langkah antisipasi dan pengawasan baru akan berjalan optimal jika sinergitas dari semua kalangan terjalin dengan baik.

Dalam rapat tersebut Tim Pora yang dikoordinatori oleh Divisi Imigrasi Kemenkumham Sumbar menyatakan dukungan terhadap agenda Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 demi memulihkan perekonomian daerah usai terdampak pandemi COVID-19.

"Pola pengawasan akan dilakukan oleh tim Pora Sumbar dengan sifat administrasi maupun pengawasan langsung di lapangan," jelasnya.

Jika seandainya dicurigai ada orang asing yang melakukan pelanggaran, lanjutnya, maka akan dibahas secara bersama oleh tim dan bisa ditindaklanjuti dengan menggelar operasi bersama.

Selain menyiapkan strategi pengawasan, dalam rapat koordinasi tersebut tim Pora Sumbar juga membahas isu-isu menonjol terkait keberadaan orang asing di Sumbar sepanjang 2022.

Untuk diketahui Tim Pora Sumbar merupakan gabungan petugas dari berbagai instansi atau lembaga mulai dari Imigrasi, Polri, TNI, Kejaksaan, Bais TNI, Binda, Bea cukai Kesbangpol, KSOP, otoritas bandara dan pelabuhan, OPD pemerintah daerah, dan lainnya.

"Pengawasan akan dilakukan secara ketat mulai dari yang sifatnya administratif hingga pengawasan lapangan, tim Pora akan saling berkoordinasi," katanya.