Ribuan warga ikuti pawai pekan budaya Paninjauan Baralek Gadang

id Paninjauan,Sumbar,Tanah Datar,pekan budaya

Ribuan warga ikuti pawai pekan budaya Paninjauan Baralek Gadang

Salah satu arak-arakan ibu-ibu membawa makanan dalam pawai pembukaan Pekan Budaya Paninjauan Baralek Gadang (PGB) 2022 (ANTARA/HO PGB 2022)

Padang (ANTARA) - Ribuan warga mengikuti pembukaan pekan budaya Paninjauan Baralek Gadang (PGB) 2022 di Nagari atau desa adat Paninjauan Kecamatan X Kota Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang digelar 17-20 Agustus 2022.

Ketua Panitia PGB Firdaus dalam keterangan tertulis di Padang, Jumat mengatakan kegiatan diawali dengan kegiatan pawai alegoris yang diikuti sekitar 2.000 peserta.

Peserta pawai yang diberi judul "Arak iriang" yang terdiri dari drumband Taman Pendidikan Al Quran (TPA) dari tujuh masjid di nagari tersebut, sekolah, komunitas, bundo kanduang, PKK, dan lain-lainnya.

"Alhamdulillah, pawai kita berlangsung semarak dan peserta yang 100 persen anak nagari kita juga sangat antusias,"kata dia.

Ia mengatakan biasanya kalau setiap pawai 17 Agustus, warga pergi ke Kota Padang Panjang tapi sekarang sudah ada di sini dan tidak hanya jadi penonton, tapi bisa menjadi bagian dari peserta pawai.

"Setidaknya salah satu tujuan kita mengadakan acara seperti ini adalah untuk menghibur dan membuat masyarakat senang dan gembira sudah tercapai." kata dia.

Pekan Budaya sendiri akan berlangsung hingga Sabtu (20/8) yang akan diisi lomba memasak Cangkuak, stand kuliner tradisonal, makan bajamba, pentas seni tradisional seperti randai dan gandang tambua.

Kemudian pertandingan sepakbola badunsanak yang melibatkan pemain dari empat jorong, serta stand pameran yang menampilkan karya anak nagari Paninjauan.

Sementara Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian memberikan apresiasi yang tinggi kepada nagari Paninjauan yang mampu menghelat iven yang sarat dengan nuansa dan nilai-nilai.

Dia berharap kegiatan ini bisa menjadi kalender tahunan nagari dan menyatakan Paninjauan Barelek Gadang ini untuk tahun 2023 bisa dimasukan ke dalam program unggulan Pemkab, Satu Nagari Satu Iven.

Menurut dia untuk Kecamatan X Koto, baru satu nagari yang dapat kesempatan masuk program satu nagari satu iven tersebut, yaitu Nagari Padai Sikek, yang mengusung tema Pandai Sikek Festival.

"Selain itu Paninjauan merupakan nagari yang kaya potensi, selain punya potensi wisata alam indah dan seni budaya Minangkabau kental, juga punya keunggulan di sektor lain, seperti pertanian dan pendidikan," kata dia.***3***