DJpb sosialisasikan beasiswa LPDP kepada ASN dan masyarakat Sumbar

id berita padang, berita sumbar, LPDP

DJpb  sosialisasikan beasiswa LPDP kepada ASN dan masyarakat Sumbar

Sosialiasi beasiswa LPDP oleh Kanwil DJpb Sumbar. (Antara/HO-DJpb Sumbar)

Padang (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Sumatera Barat menggelar sosialisasi beasiswa LPDP bekerja sama dengan LPDP, dan awardee LPDP yang tergabung dalam Mata Garuda Sumatera Barat.

"Kegiatan ini merupakan bentuk peran serta Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa menuju generasi emas pada tahun 2045," kata Kepala Kanwil DJpb Sumbar Heru Pudyo Nugroho di Padang, Senin.

Menurut dia sosialisasi dilaksanakan guna meningkatkan akses informasi beasiswa mengikuti pendidikan tinggi bagi para ASN dan masyarakat di Sumatera Barat.

Informasi tersebut penting, sehingga memotivasi dan meningkatkan kepercayaan diri para ASN dan masyarakat umum untuk mengikuti pendidikan tinggi dengan biaya dari beasiswa LPDP tersebut.

"Dengan demikian, salah satu langkah awal pembangunan SDM di Sumatera Barat sudah terealisasi, melalui tersedianya akses informasi beasiswa pendidikan dari LPDP," kata dia.

Acara diikuti oleh sekitar 300 peserta yang merupakan ASN di lingkungan Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Barat, ASN pada Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga (K/L), dan ASN pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di wilayah Sumatera Barat.

Heru menyampaikan ASN harus dapat meningkatkan kualitasnya melalui pendidikan. Dengan pendidikan akan tercipta ASN yang kompeten, inovatif dan profesional, sebagai agen perubahan dan pengelola pembangunan.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso yang menyampaikan bahwa beasiswa LPDP merupakan bentuk kehadiran negara dalam pembangunan manusia di Indonesia.

Beasiswa LPDP tersebut, dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui berbagai program beasiswa.

Sementara Kepala Divisi Rekruitmen dan Seleksi LPDP Rumtini, memaparkan mengenai jenis, persyaratan administrasi, mekanisme seleksi, sampai dengan jadwal pendaftaran beasiswa LPDP.

Awardee beasiswa S3 LPDP di Reading University Andi Mulyadi, dan Rico Candra Negoro, awardee beasiswa S2 LPDP di Australian National University juga berbagi pengalaman, tips dan trik, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk lulus seleksi beasiswa LPDP.