Jalan Padang-Solok tertutup akibat longsor, lalu lintas terganggu

id Jalan penghubung Padang-Solok longsor,Lonsok sitinjau laut,Berita padang,Berita solok,Berita sumbar

Jalan Padang-Solok tertutup akibat longsor, lalu lintas terganggu

Petugas menutup jalan dari Kabupaten Solok menuju lokasi longsor yang menghubungkan dengan Kota Padang (ANTARA/ HO BPBD Padang)

Padang (ANTARA) - Jalan yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok di kawasan Sitinjau Lauik tertutup akibat longsor yang terjadi di daerah setempat pada Senin siang.

Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Lija Nesmon di Padang, Senin mengatakan pihaknya baru mendapatkan informasi tersebut dari masyarakat dan menurunkan anggota ke lokasi.

"Ini anggota kita baru meluncur ke lokasi. Lokasinya di lokasi yang sebelumnya longsor pada beberapa waktu lalu," kata dia.

Dirinya juga berkoordinasi dengan BPBD Padang terkait longsor yang menghambat jalur utama yang menghubungkan Padang dengan Kabupaten Solok.

Menurut dia kawasan yang longsor tersebut memang daerah rawan karena tingginya curah hujan yang terjadi sejak pagi hari.

"Material itu kemarin sudah dibersihkan namun karena curah hujan tinggi diduga membuat material yang menganga di atas turun ke jalan," kata dia.

Sementara Plt Kepala BPBD Kota Padang Arfian mengatakan telah menurunkan personel ke lapangan untuk meninjau kondisi tersebut.

Dirinya baru mengetahui informasi tersebut dari foto yang menggambarkan terjadi longsor dan sebuah mobil tangki Pertamina terdampak longsor tersebut.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan BPBD Provinsi meminta bantuan Dinas PUPR untuk mengevakuasi material longsor jika memang material yang menutupi jalan.

Pada saat ini alat berat sudah bekerja membersihkan material longsor yang menutupi jalan di lokasi tersebut.

Selain itu pihak kepolisian menutup arus lalu lintas dari kedua daerah sementara hingga evakuasi material longsor selesai dilakukan.

Dirinya mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan waspada ketika berada di luar rumah saat curah hujan tinggi disertai angin kencang.

"Terutama di daerah rawan longsor atau di daerah banyak pepohonan dan papan reklame besar," kata dia.