Human Initiative adakan edukasi kesiapsiagaan bencana alam ke sekolah di Malampah

id Human Initiative adakan, edukasi kesiapsiagaan, bencana alam, ke sekolah, di Malampah

Human Initiative adakan edukasi kesiapsiagaan bencana alam ke sekolah di Malampah

Human Initiative adakan edukasi kesiapsiagaan bencana alam ke sekolah di Malampah (ANTARA/HO-Human Initiative)

Solok (ANTARA) - Human Initiative mengadakan kegiatan edukasi kesiapsiagaan bencana alam ke tingkat sekolah dasar sekaligus menyalurkan paket perlengkapan sekolah di tiga SD yang ada di Nagari Malampah, Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman dalam rangka memperingati hari anak nasional.

Kepala Cabang Human Initiative Bukittinggi yang juga merupakan Project Manager Respon Peduli Pasaman Human Initiative Hendra Nafsosianto melalui keterangan pers di Pasaman, Senin mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan dan memelihara semangat anak-anak untuk tetap datang bersekolah walaupun kondisi di daerah mereka belum sepenuhnya pulih.

Lebih lanjut ia mengharapkan melalui kegiatan tersebut bisa terbangun kesiapsiagaan bencana bagi anak dan pendidik di daerah terdampak bencana alam berupa gempa.

Ia menjelaskan Nagari Malampah merupakan salah satu daerah yang paling terdampak akibat gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Pasaman pada Februari lalu.

Selain itu, kegiatan edukasi kesiapsiagaan bencana di sekolah dimulai dengan aktivitas senam siaga gempa di lapangan sekolah.

Anak-anak di SDN 04 Siparayo, tempat kegiatan pertama dimulai begitu antusias mengikuti gerakan senam yang diperagakan oleh relawan dari Human Initiative Volunteer Energy (HIVE).

"Senam siaga ini berisi gerakan yang mesti dilakukan ketika terjadi gempa," ujar dia.

Tak hanya senam materi edukasi berlanjut pun berlanjut dengan media permainan ular tangga raksasa.

Permainan ini menggunakan papan ular tangga sepanjang 4 meter dan sudah dimodifikasi dengan konten-konten siaga bencana. Sembari bermain baik peserta maupun penonton bisa membaca info mitigasi bencana yang tertera di papan permainan.

Terakhir, sebanyak 100 paket Perlengkapan sekolah berupa buku, beragam alat tulis dan seragam lengkap serentak dibagikan di SDN 04 Siparayo, SDN 16 Siparayo dan SDN 20 Malampah Utara.

Hadir dalam kegiatan ini sekretaris Nagari Malampah, Bapak Taufik dan ketua Korwil Pendidikan Kecamatan Tigo Nagari Bapak Yusman Idarwanis.