Sumbar gagas UMKM Malagak untuk promosi produk lokal

id UMKM Malagak, festival artefak nabi muhammad,audy

Sumbar gagas UMKM Malagak untuk promosi produk lokal

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy. (ANTARA/Dokumentasi Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggagas UMKM Malagak (UMKM Sumbar Showcase) sebagai upaya untuk mempromosikan produk lokal agar lebih dikenal di pentas nasional.

"Kegiatan ini untuk promosi sekaligus peningkatan pemasaran produk/jasa unggulan khususnya UMKM, peluang investasi, industri, perdagangan dan pariwisata Sumbar," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy di Padang, Kamis.

Menurutnya UMKM Malagak itu sejalan dengan visi Pemprov Sumbar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis kerakyatan yang tangguh, produktif dan berdaya saing regional dan global dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya pembangunan daerah.

Ia mengatakan kegiatan itu tidak berdiri sendiri. Namun akan ada sejumlah kegiatan pendukung diantaranya Pameran Nusantara, Pameran Kuliner, Festival Buah dan horikultura, Makan Bajamba Aneka Hiburan dan Perlombaan.

"Kita berharap semua instansi terkait, pengusaha, pemerintah daerah dan pemerintah pusat, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta di seluruh Indonesia bisa memberikan dukungan penuh untuk kegiatan ini karena manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat," ujarnya.

Audy meminta agar informasi tentang UMKM Malagak ini diviralkan bersama-sama agar bisa menarik perhatian tidak hanya di Sumbar tetapi juga secara nasional.

"Orang luar Sumbar yang penasaran akan googling untuk mencari tahu tentang UMKM Malagak," katanya.

Ke depan, kegiatan itu diharapkan bisa menjadi kegiatan tahunan bahkan masuk agenda nasional sehingga nama UMKM Sumbar masin dikenal.

Salah satu rangkaian pendukung yang juga sangat menarik adalah rencana terkait pameran Festival Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW dan sahabat.

"Jika ini terealisasi akan sangat besar gaungnya. Rencananya pameran itu akan digelar di Masjid Raya Sumbar," katanya.

Sejumlah group band papan atas direncanakan akan ikut meramaikan rangkaian UMKM Malagak. Festival musik itu gratis tapi dengan syarat orang yang masuk harus membeli produk UMKM yang dipamerkan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Nazwir mengatakan kegiatan itu bertepatan dengan HUT Provinsi Sumbar ke-77.

"Kegiatan ini bekerjasama dengan PT. Solindo Duta Convex. Rencananya digelar pada 29 Sept-2 Okt 2022 di Arena GOR H. Agus Salim Padang," katanya.

Executive Director Of PT. Solindo Duta Convex sekaligus EO UMKM Malagak, Chairul Umaiya menyebut penyelenggaraan kegiatan itu adalah program proritas untuk sektor pengembangan UMKM termasuk Agro, pariwisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sumbar memiliki program menciptakan 100 ribu UMKM. Ini sejalan dengan program itu," katanya.***1***