Kementerian LHK ganjar Dharmasraya penghargaan Nirwasita Tantra

id Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, penghargaan Nirwasita Tantra,berita dharmasraya,berita sumbar

Kementerian LHK ganjar Dharmasraya penghargaan Nirwasita Tantra

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan diwakili asisten II Yefrinaldi (tiga kiri) menerima piagam penghargaan dari Kementerian LHK di Jakarta, Rabu (20/7). (Antara/HO-DLH Dharmasraya)

Pulau Punjung, (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengganjar penghargaan Nirwasita Tantra kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk kategori pemerintah daerah kabupaten kecil.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat dihubungi di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan penghargaan tersebut bukan pertama kali diraih Dharmasraya.

"Alhamdulillah, semoga ini tetap dapat kita pertahankan sebagai kepedulian dan komitmen untuk tetap menjaga dan memperbaiki kualitas lingkungan demi kelangsungan hidup dan memberi manfaat untuk generasi di masa datang," katanya.

Ia mengucap syukur atas penghargaan yang kembali diraih. Ia juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada perangkat daerah, masyarakat dan seluruh pihak terkait yang mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Dharmasraya.

Pelaksana Tugas (Plt)Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dharmasraya Silaturahim, menambahkan Nirwasita Tantra merupakan penghargaan untuk kepala daerah bersama legislatif yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di setiap daerahnya.

Ia menyebutkan program Nirwasita Tantra sudah dimulai sejak 2016. Pada 2021 provinsi kabupaten dan kota yang memberikan usulan total sebanyak 1127 dokumen, masing-masing untuk provinsi 145, kabupaten 691, dan kota sebanyak 301.

Ia menjelaskan proses penghargaan telah melewati beberapa tahapan mulai dari mengirimkan dokumen, penapisan tahap awal, penapisan tahap dua, dan tahap akhir pengiriman video untuk penetapan pemenang.

"Penghargaan ini dipisahkan dalam beberapa kategori, tingkat provinsi, tingkat kabupaten besar, sedang, kecil, dan tingkat kota besar, dan sedang kecil. Kabupaten Dharmasraya meraih kategori pemerintah daerah untuk kabupaten kecil," ungkap dia.

Ia menambahkan tiga kabupaten yang menerima penghargaan yang sama, yaitu Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bangka Tengah, dan Kabupaten Siak.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Menteri LHK Dr, Alue Dohong atas Nama Presiden Joko Widodo kepada Bupati Sutan Riska Tunku Kerajaan yang diwakili Asisten II Yefrinaldi, pada Rabu (20/7). (*)