Pemkot Pariaman persiapkan kepulangan jamaah haji pada Sabtu

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman,jamaah haji pariaman,Wako pariaman

Pemkot Pariaman persiapkan kepulangan jamaah haji pada Sabtu

Ilustrasi - Seorang jamaah calon haji asal Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar melambaikan tangan saat menaiki bus untuk diberangkatkan ke Asrama Haji Padang. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mempersiapkan kepulangan 53 orang jamaah haji asal daerah itu ke tanah air pada Sabtu (16/7) dengan menyediakan dua bus pariwisata dan menyiapkan pihak keamanan.

“Jamaah haji Kota Pariaman tergabung dalam kloter 2 embarkasi Padang, diperkirakan tiba di Bandara Internasional Minangkabau 16 Juli sekitar pukul 22.30 WIB, mereka akan langsung disambut oleh Wali Kota Pariaman,” kata Kepala Bagian Perekonomian dan Kesra Setdako Pariaman Syamsuardi di Pariaman, Kamis.

Selain wali kota, kata dia jamaah haji asal Pariaman rencananya juga disambut oleh wakil wali Kota, sekretaris daerah dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Pariaman sedangkan panitia penjemputan dari daerah itu langsung ke asrama haji.

Ia menyampaikan jamaah haji asal Pariaman tiba di asrama haji Padang sekitar pukul 23.00 WIB dan berangkat ke Kota Pariaman pukul 03.00 WIB.

Sedangkan pihak keluarga dari jamaah haji diminta menunggu di Kantor Wali Kota Pariaman untuk mempermudah proses pemulangan.

“Menurut informasi dari Kakan Kemenag seluruh jamaah haji asal Pariaman dalam keadaan sehat wal’afiat," katanya.

Ia menambahkan koper dan barang bawaan jamaah haji dijemput ke bandara pada Minggu (17/7) sekitar pukul 09.00 WIB dan langsung diantarkan ke Kantor Kemenag Kota Pariaman.

Sebelumnya, sebanyak 53 orang jamaah haji asal Kota Pariaman sebelum keberangkatan bersilaturahmi dengan pemerintah setempat dan anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis.

Pada kesempatan tersebut anggota DPR RI itu dan Wali Kota Pariaman Genius Umar meminta jamaah haji untuk mengantisipasi cuaca panas selama melaksanakan ibadah suci yang dapat mengganggu kesehatan selama melaksanakan ibadah di tanah suci.

"Basahkan handuk kecil, lalu letakkan di kepala dan selalu bawa air mineral biar tidak dehidrasi," kata Genius Umar.

Ia mengajak calon jamaah haji menjaga kekompakan serta mengapresiasi kinerja Pemerintah Indonesia yang telah mengupayakan keberangkatan haji pada tahun ini.