Wako Solok sambut kehadiran kepala balai bahasa Sumatera Barat

id Wali Kota Solok Zul Elfian Umar,Berita solok,Berita sumbar,balai bahasa Sumatera Barat

Wako Solok sambut kehadiran kepala balai bahasa Sumatera Barat

Wako Solok sambut kehadiran kepala balai bahasa Sumatera Barat (ANTARA/HO-HUMAS)

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menyambut kedatangan Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat, Dr Eva Krisna beserta rombongan, Di Ruang Rapat Walikota Solok, Rabu.

Wako Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan langsung Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat di Kota Solok.

Ke depan, tugas dan tanggung jawab Pemkot bersama untuk Bangga Berbahasa Indonesia. "Kita akan bersatu dan bersinergi mewujudkan program dari Balai Bahasa Sumatera Barat," sebut Wako.

Wako juga menyambut baik tugas mulia ini, supaya masyarakat akan sadar Bahasa Indonesia tanpa melupakan bahasa asli daerah.

Sebelumnya Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumbaf, Eva Krisna menjelaskan, Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat saat ini punya dua program, yakni sosialisasi pengutamaan penggunaan bahasa negara pada 45 lembaga terbina, diantaranya Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan. Serta melakukan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) untuk menyelaraskan dengan program merdeka belajar. "tugas pokok kami ialah tentang bahasa, sastra dan literasi," sebutnya.

Balai Bahasa Sumbar juga sedang melakukan penyusunan kamus bahasa daerah. Saat ini telah selesai disusun kamus bahasa Minang dan kamus bahasa Mentawai.

Selanjutnya, menerjemahkan dan mencetak buku bahasa Minang menjadi bahasa Indonesia untuk dibagikan di ruang literasi. Balai Bahasa Sumbar juga menjadi pembina gerakan literasi nasional dengan gerakan literasi daerah.

"Kami juga memetakan bahasa dan sastra daerah di Provinsi Sumatera Barat serta Ensiklopedia sastrawan Sumbar," jelasnya.

Turut hadir, Asisten II Sekda Kota Solok, Jefrizal, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvi Basri, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Noviyasdi, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Solok, Amri Yulis, serta OPD terkait lainnya.