Gubernur Sumbar sidak Pasar Raya Padang jelang Idul Adha

id Sidak,pasar raya padang,mahyeldi,harga cabai

Gubernur Sumbar sidak Pasar Raya Padang jelang Idul Adha

Gubernur Sumbar Mahyeldi sidak Pasar Raya Padang. (ANTARA/Dokumentasi Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Raya Padang untuk memantau ketersediaan bahan kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

"Kita pantau harga dan stok kebutuhan pokok mulai dari cabai, bawang, kentang, hingga minyak goreng. Sebagian kebutuhan pokok yang harganya sempat melambung, mulai turun harga," katanya di Padang, Rabu.

Sebelumnya harga cabai di Sumbar sempat melambung hingga Rp 100 ribu dan Rp 120 ribu per kilogramnya. Namun saat sidak, sudah mulai turun ke Rp 90 ribu per kilogram.

Mahyeldi menyebut penurunan harga bahan pokok disebabkan pasokan dari berbagai daerah sudah masuk lagi ke Sumbar, salah satunya dari Medan, Sumatera Utara.

"Untuk cabai sudah masuk dari Medan dan Kerinci. Stok cabai dan bawang merah juga tersedia hingga Idul Adha. Apalagi Alahan Panjang sebagai sentra bawang di Sumatera sudah mulai membaik," katanya.

Sementara untuk komoditas daging sapi, bawang putih, gading ayam, telur ayam dan sayuran lainnya masih stabil.

Dalam sidak tersebut, Mahyeldi menemukan harga bawang merah saat ini Rp 48 ribu per kg. Sebelumnya, harga bawang merah sempat mencapai Rp 50 ribu hingga Rp 55 ribu per kg.

"Pemprov Sumbar terus berupaya mendatangkan pasokan kebutuhan pokoh dari luar, agar harga bahan pokok ini segera stabil," katanya.

Mahyeldi menambahkan syarat pembelian minyak goreng dengan PeduliLindungi tidak mempengaruhi penjualan.

"Ketersediaan minyak goreng curah di Sumbar masih aman dan lancar dengan harga encer Rp14 ribu perliter. Kalau minyak goreng kemasan 21 ribu perliter," katanya.***1***