Disperindag Sumbar latih puluhan milenial Pariaman jadi pengusaha baru

id Berita pariaman,Disperindag Sumbar ,Berita sumbar

Disperindag Sumbar latih puluhan milenial Pariaman jadi pengusaha baru

CEO Andalas Solusi Bisnis Dedi Vitra Johor menjadi motivator bisnis pada Pelatihan Penumbuhan Wirausaha Baru di Kota Pariaman, Rabu. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Barat (Sumbar) melatih sekitar 50 milenial di Kota Pariaman sebagai upaya mewujudkan 100 ribu pengusaha baru di provinsi itu.

"Ini merupakan program dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, kami diberikan amanah untuk menyukseskan program ini guna mencetak wirausaha baru," kata narasumber motivasi bisnis pada Pelatihan Penumbuhan Wirausaha Baru di Kota Pariaman Dedi Vitra Johor di Pariaman, Rabu.

CEO Andalas Solusi Bisnis itu mengatakan kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diikuti puluhan generasi milenial di Kota Pariaman yang memiliki cita-cita menjadi pelaku bisnis.

Menurutnya kegiatan tersebut patut diapresiasi karena program itu dilaksanakan 18 kabupaten dan kota di Sumbar sehingga nantinya muncul generasi milenial yang memiliki jiwa pengusaha secara serentak di provinsi tersebut.

"Sumbar itu merupakan gudangnya pedagang, (namun) saya lihat sekarang persentasenya kecil tetapi ada geliat yang sedang tumbuh. Banyak anak-anak muda yang membangun usaha," katanya.

Generasi muda tersebut, lanjutnya memanfaatkan potensi yang terdapat di provinsi itu yang tentunya pihaknya mendorong agar usaha yang dijalankan generasi muda itu terus tumbuh.

"Pertumbuhan itu sangat besar, peluangnya juga ada tapi memang membutuhkan perjuangan. Inilah tugas saya untuk merubah pola pikir mereka dalam berwirausaha," ujarnya.

Ia menjelaskan pentingnya merubah pola pikir karena 88 persen seseorang bertindak bukan karena pengetahuan tapi karena cara berpikir sedangkan 12 persen karena strategi. Jika cara berpikir tidak dibenahi maka seseorang itu akan menjadi pribadi yang lemah dan tidak mandiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Alyendra mengatakan dengan adanya pengusaha baru di kota itu maka dapat menambah pertumbuhan daerah tersebut.

"Oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumbar dan narasumber yang telah membantu menciptakan pengusaha baru di Pariaman," kata dia.

Ia berharap nantinya akan ada organisasi perangkat daerah atau pihak lainnya yang membantu menciptakan pengusaha baru di Kota Pariaman sehingga dapat mempercepat pertumbuhan daerah itu.

Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022