Harga cabai merah naik capai Rp95 ribu per kilogram di Pasar Raya Solok

id Harga cabai merah naik, capai Rp95 ribu, per kilogram, di Pasar Raya Solok

Harga cabai merah naik capai Rp95 ribu per kilogram di Pasar Raya Solok

Harga cabai merah naik capai Rp95 ribu per kilogram di Pasar Raya Solok (ANTARA/Laila Syafarud)

Solok (ANTARA) - Harga cabai merah tingkat pedagang di pasar Raya Solok, Sumatera Barat mengalami kenaikan mencapai Rp95 ribu per kilogram jika dibandingkan dengan harga dua hari sebelumnya hanya Rp80 ribu per kilogram.

"Saat ini harga cabai tidak stabil, terkadang naik, kadang turun. Bahkan tiga hari yang lalu juga mencapai Rp95 ribu lalu turun menjadi Rp80 ribu, sekarang naik lagi jadi Rp95 ribu per kilogramnya," kata salah seorang pedagang cabai Edi (50) di pasar raya Solok, Rabu.

Selain itu, ia mengatakan terkait tingkat permintaan cabai merah dari pembeli malah menurun akibat kenaikan harga jual. Biasanya yang beli cabai 1 kilogram sekarang dikurangi jadi setengah kilogram.

Selain cabai merah, ia menyebutkan harga bawang merah juga mengalami kenaikan Rp5 ribu dari Rp50 ribu per kilogram menjadi Rp55 ribu per kilogram.

"Menurut saya harga cabai dan bawang merah ini akan terus mengalami kenaikan hingga hari raya Idul Adha 1443 Hijriah nantinya. Karena jumlah permintaan di hari itu tentu lebih meningkat," ucap dia.

Pedagang sembako Marlinda (40) menyebutkan harga komoditas lainnya yang mengalami naik berupa telur ayam ras dari biasanya Rp1.900 menjadi Rp2.000 per butir. Daging ayam ras naik dari Rp22 ribu menjadi Rp28 ribu ekor.

Harga komoditas lainnya masih stabil berupa minyak goreng curah Rp16 ribu per kilogram, beras Rp14 ribu per kilogram, gula pasir Rp14 ribu per kilogram, daging sapi Rp150 ribu per kilogram, bawang putih Rp25 ribu per kilogram, kacang tanah Rp27 ribu per kilogram.

Di samping itu, menurut Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Dinas Pangan Kota Solok, Efrizal Hasdi melalui Analis Ketahanan Pangan Rico Andria Budi kenaikan harga cabai merah dan bawang merah tersebut disebabkan karena stok di tingkat petani yang terbatas, sementara stok dari daerah luar seperti dari Jawa berupa cabai kotak dan bawang merah Brebes tidak masuk ke Pasar Raya Solok.

Ia juga mengimbau masyarakat di daerah itu agar tidak panik dengan kenaikan harga cabai yang melonjak sejak beberapa hari terakhir bahkan mencapai Rp95 ribu per kilogram. Ia mengajak masyarakat agar berbelanja sesuai kebutuhan.

Salah seorang pembeli di Pasar Raya Solok Rahma (26) mengaku terkejut dengan harga sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan berupa cabai, bawang merah, telur, dan ayam.

"Rata-rata harga yang naik itu kebutuhan kita sehari-hari. Saya sendiri juga kesulitan mengatur keuangan saat belanja di pasar. Tapi mau bagaimana lagi. Saat ini kita yang harus berpandai-pandai dalam mengatur belanjaan," ujar dia.