Bawaslu Kota Solok siap awasi tahapan Pemilu 2024

id Bawaslu, Kota Solok, siap, awasi tahapan, Pemilu 2024

Bawaslu Kota Solok siap awasi tahapan Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Kota Solok Triati saat memberikan pengarahan dalam sosialisasi implementasi peraturan dan non peraturan Bawaslu dengan peserta pemangku kepentingan terkait di Kota Solok (ANTARA/HO-Bawaslu)

Solok (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok, Sumatera Barat siap mengawasi semua proses tahapan Pemilu tahun 2024 agar berjalan demokratis dan bebas dari politik uang, politisasi isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta berita bohong di daerah setempat.

Ketua Bawaslu Kota Solok Triati di Solok, Rabu mengatakan salah satu bentuk kesiapan Bawaslu Kota Solok sendiri ialah mengadakan sosialisasi implementasi peraturan dan non peraturan Bawaslu dengan peserta pemangku kepentingan terkait di Kota Solok.

Menurutnya kegiatan sosialisasi implementasi peraturan dan bukan peraturan ini sangatlah penting demi efektifitas kinerja Bawaslu ke depannya. Selain itu, tugas Bawaslu nantinya sebagai pengawas Pemilu sebagian besar mengimplementasikan kepada peraturan dan bukan peraturan yang dilaksanakan.

"Kami berharap ini menjadi bagian pencegahan atas kemungkinan pelanggaran yang akan terjadi saat Pemilu 2024 nanti," ujar dia.

Ia menyebutkan dalam kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh KPU Kota Solok, Pengadilan Negeri Solok, kejaksaan Negeri Solok, Perwakilan Dandim 0309, BKPSDM, Dinas Pencatatan Sipil Kota Solok, Satpol PP, Kepala Lapas Kota Solok, DPRD Kota Solok, serta ketua DPD dan DPC partai Politik yang ada di Kota Solok.

"Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu tentu memiliki tugas besar dalam mengawasi pelaksanaan pemilu nantinya," ucap dia.

Selain itu, upaya yang dilakukan Bawaslu ialah membangun kerjasama dengan 23 lembaga formal dan non formal berupa sekolah, organisasi, OPD, dan tokoh masyarakat lainnya yang nantinya akan terus ditingkatkan untuk bentuk partisipasi aktif pengawasan Pemilu.

Selain itu, Triati juga mengingatkan setiap jajarannya untuk tetap menjaga integritas soliditas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas pengawasan terhadap tahapan Pemilu 2024 nantinya.

Menurut dia, Bawaslu adalah eksistensi penegak hukum dan keadilan pemilu sehingga jajaran Bawaslu juga wajib selalu bersikap netral dan mandiri.

"Netral dan mandiri bukan hanya dimiliki dan dijaga, tapi harus diperlihatkan kepada masyarakat dengan memanfaatkan media massa dan media sosial," katanya.

Di samping itu, Anggota DPRD Kota Solok Rusnaldi mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Solok di mana Bawaslu merupakan penentu pada saat Pemilu serentak yang akan digelar tahun 2024 mendatang.

"Melalui kegiatan ini kita antisipasi serta memberikan gambaran umum terhadap tahapan pemilu serta kelemahan peraturan sebagai penyelenggara pemilu nantinya,” ucap Rusnaldi saat menghadiri kegiatan sosialisasi yang digelar Bawaslu.

Ia juga mengajak pihak terkait agar dapat bekerja sama dengan baik, di mana jika proses pelaksanaan pesta demokrasi nantinya tidak berjalan dengan baik maka akan berdampak kepada masyarakat dan selain itu akan berdampak juga terhadap ekonomi masyarakat.

"Sebagaimana kita ketahui, tahapan Pemilu sudah mulai dari kemarin 14 Juni 2022 sampai 14 Februari 2024 dan bisa dikatakan Bawaslu sudah siap siaga untuk mengawal proses tersebut," kata dia.

DPRD Kota Solok juga siap mendukung melalui anggaran dan ia sangat serius untuk menyukseskan terciptanya Pemilu dan Pilkada serentak yang lebih baik sehingga menghasilkan pemilu yang lebih adil dan jujur nantinya.

Ia juga meminta agar Bawaslu Kota Solok selalu bekerja secara independen dan menjunjung sportifitas yang dikedepankan dan suatu hal yang wajar saja dalam politik ditemukan ada suatu hal yang krusial sebab ini menyangkut hidup orang banyak kedepannya.

Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022