Safari ramadhan Dharmasraya sampaikan pesan pembangunan di Pulau Mainan

id dharmasraya

Safari ramadhan Dharmasraya sampaikan pesan pembangunan di Pulau Mainan

Ketua Tim XI safari Yefrinaldi (dua kiri), Kadis Kominfo Rovanly Abdams (kanan), Kasat Intel Hariman (kiri) menyerahkan bantuan ke pengurus Masjid Al-falah Nagari Pulau Mainan, Kamis (7/4) malam. (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyampaikan pesan pembangunan di hadapan masyarakat Nagari Pulau Mainan, Kamis (7/4) malam, melalui tim Safari Ramadhan.

Tim VI Safari Ramadhan diketuai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Yefrinaldi .

Yefrinalfi, di Pulau Punjung, menyebutkan safari Ramadhan merupakan agenda pemerintah daerah sebagai wadah ajang menyampaikan pesan pembagunan dan menyerap aspirasi masyarakat.

Secara garis besar ia mengemukan beberapa kebijakan pemerintah daerah yang sudah dan akan dilakukan, di antaranya kebijakan pendidikan gratis bagi pelajar TK, SD, dan SMP, serta upaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi karena di Dharmasraya sudah tersedia berbagai kampus.

"Pemkab ingin pendidikan bagi anak-anak adalah hak yang harus mereka terima, sehingga tidak ada lagi anak putus sekolah karena biaya," ujarnya.

Di bagian kesehatan, kata dia pemanfaatan gedung baru RSUD Sungai Dareh yang sudah dapat dirasakan masyarakat sejak 2020 setelah sekian terbengkalai, jumlah puskesmas yang sudah melebihi kecamatan di Dharmasraya, yaitu sebanyak 14 puskesmas serta peningkatan pelayanan kesehatan secara berkelanjutan.

Pada sisi infrastruktur, pembangunan yang sudah diselesaikan adalah pembangunan jembatan cable stayed, jembatan Pulai, pelebaran jalan nasional Pulau Punjung, dan pembagunan taman masjid Agung. Sedangkan peresmian Masjid Agung direncanakan dalam tahun ini.

Sementara rencana pembangunan yang menjadi perhatian ialah pembangunan feeder tol Dharmasraya yang rencananya dimulai 2023 mendatang, dan pembangunan rumah adat terbesar di Sumbar.

Kemudian, di bidang perekonomian masyarakat seperti pembangunan revitalisasi pasar rakyat yang modern, pembangunan jalan usaha tani dan bantuan benih, serta bantuan modal bagi UMKM.

Dan, bidang administrasi kependudukan sudah tersedianya mobil pelayan KTP keliling, dan yang paling kongkret kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil sudah satu pintu.

"Serta program pembangunan lainya untuk mencapai visi Menuju Terwujudnya Kabupaten Dharmasraya Maju yang Mandiri dan Berbudaya," katanya.

Ia berharap masyarakat dapat mendukung setiap program pemerintah kepemimpinan Bupati Sutan Riska Tuaku Kerjaan.

Melalui TIm XI Safari Ramadhan Pemkab Dharmasraya menyerahkan bantuan berupa tikar, sajadah, rekal al-quran, dan voucher bantuan masjid Rp10 juta, tambah dia.

Sementara, Ketua Masjid Al-Falah Sunardi mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim safari kabupaten dan berharap bantuan yang terima bermanfaat bagi pengurus masjid da masyarakat.

Turut mendapangi Asisten II Kepala Dinas Kominfo Dharmasraya, Rovanly Abdams, Kasat Intelkam Polres Dharmasraya, AKP Hariman, dan anggota Tim XI Safari Ramadhan Dharmasraya.