Harga cabai merah di Agam tembus Rp50 ribu per kilogram

id berita agam,berita sumbar,cabe

Harga cabai merah di Agam tembus Rp50 ribu per kilogram

Pedagang cabai di Pasar Serikat Lubukbasung Garagahan. (Antarasumbar/Yusrizal)

Harga cabai merah itu naik sebesar Rp10 ribu semenjak akhir Februari sampai sekarang dan  ini informasi yang kita peroleh dari sejumlah pedagang di daerah itu,
Lubukbasung (ANTARA) - Harga cabai merah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat merangkak naik dari Rp40 ribu dan kini menembus Rp50 ribu per kilogram menjelang beberapa minggu memasuki bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Agam, Nelvia Fauzana di Lubukbasung, Jumat, mengatakan harga cabai merah ini naik sudah tiga kali dari Rp40 ribu per kilogram pada akhir Februari 2021, menjadi Rp48 ribu per kilogram pada awal Maret dan saat ini menjadi Rp50 ribu per kilogram.

"Harga cabai merah itu naik sebesar Rp10 ribu semenjak akhir Februari sampai sekarang dan ini informasi yang kita peroleh dari sejumlah pedagang di daerah itu," katanya.

Ia mengatakan, harga cabai merah itu naik akibat persediaan berkurang di daerah penghasilan berupa Agam, Solok dan daerah lain.

Setelah itu, pasokan cabai dari daerah Sumatera Utara, Lampung, Pulau Jawa juga tidak masuk ke Agam.

"Apabila cabai dari luar Sumbar masuk, maka harga akan turun," katanya.

Ia menambahkan, untuk harga kebutuhan pokok yang turun berupa minyak goreng curah dari Rp16 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogram, buncis dari Rp10 ribu menjadi Rp8 ribu per kilogram dan tomat dari Rp15 ribu menjadi Rp13 ribu per kilogram.

Sementara harga normal berupa beras sokan Rp12 ribu per kilogram, beras benang pulau Rp12 ribu per kilogram, Iberas Ir 42 Rp12 ribu per kilogram dan beras kuruik kusuik Rp13,5 ribu per kilogram, teluk ayam kampung Rp2.500 per butir, teluk bebek Rp2.500 per butir dan telur ayam ras Rp1.600 per butir.

Setelah itu, gula pasir lokal Rp16 ribu per kilogram, minyak kemasan Rp21 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp60 ribu per kilogram, daging ayam broiler Rp55 ribu per kilogram, daging sapi Rp130 per kilogram, cabai rawit Rp25 ribu per kilogram.

Lalu bawang merah Rp35 ribu per kilogram, bawang putih Rp28 ribu per kilogram, bawang prey Rp18 ribu per kilogram, kentang Rp20 ribu per kilogram, kol Rp4 ribu per kilogram, wartel Rp15 ribu per kilogram.

Selain itu, ikan asin teri Rp60 per kilogram, ikan tongkol Rp25 ribu per kilogram, ikan kembung Rp32 ribu per kilogram, ikan tuna Rp30 ribu per kilogram dan ikan nila Rp25 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Lama Lubukbasung, Nopi mengatakan daya beli dari pembeli masih normal dengan naiknya harga cabai merah itu.

"Sejauh ini tidak berpengaruh terhadap daya beli dengan naiknya cabai merah ini" katanya. ***1***