Pemkab Pasaman Barat tetapkan program unggulan prioritas lima tahun ke depan

id berita pasaman barat,berita sumbar,program

Pemkab Pasaman Barat tetapkan program unggulan prioritas lima tahun ke depan

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi saat memaparkan prioritas pembangunan lima tahun kedepan, Kamis. (Antarasumbar/Altas Maulana)

Program unggulan tersebut adalah program Pasaman Barat Mengaji, Pasaman Barat Sehat, Pasaman Barat Cerdas dan Pasaman Barat Maju dan Sejahtera,
Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat menetapkan program unggulan yang menjadi fokus dan prioritas pembangunan lima tahun ke depan di Simpang Empat, Kamis.

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, saat kegiatan Forum Konsultasi Publik rancangan awal RKPD Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2023, di aula kantor bupati setempat mengatakan program ungulan itu diterapkan untuk mewujudkan Pasaman Barat yang bermartabat, agamais, maju dan sejahtera.

"Program unggulan tersebut adalah program Pasaman Barat Mengaji, Pasaman Barat Sehat, Pasaman Barat Cerdas dan Pasaman Barat Maju dan Sejahtera," katanya.

Untuk itu, katanya pada 2023 nanti jajarannya akan fokus pada upaya pencapaian program-program unggulan yang telah ditetapkan.

Menurutnya demi penyempurnaan rancangan awal RKPD Pasaman Barat Tahun 2023 ia meminta adanya masukan dan saran yang bersifat konstruktif dari peserta forum, sehingga rencana pembangunan tahun 2023 dapat tersusun dengan memperhatikan seluruh aspek kebutuhan agar mampu mengatasi permasalahan pembangunan yang dihadapi.

Ia menjelaskan, bahwa dalam pencapaian visi Kabupaten Pasaman Barat tahun 2023, Pemkab masih dihadapkan pada pandemi COVID-19 sehingga berbagai aspek kehidupan terutama bidang perekonomian masih belum kembali normal.

Akibat pandemi itu, kemiskinan juga semakin meningkat, dimana pada tahun 2021 berdasarkan data BPS tercatat tingkat kemiskinan di Pasaman Barat berada pada angka 7,51 persen yang naik dibandingkan tahun sebelumnya pada angka 7,04 persen .

"Tentu ini menjadi fokus dan prioritas kita dalam perencanaan pembangunan tahun 2023 ini," katanya.

Ia menegaskan penyusunan RKPD Tahun 2023 hendaklah memperhatikan kondisi-kondisi yang dialami oleh masyarakat saat ini.

Dengan memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat, mengupayakan pembangunan infrastruktur yang memberikan daya ungkit perekonomian daerah, merancang program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sehingga ekonomi masyarakat dapat berkembang.

"Demi suksesnya pembangunan daerah kita sangat dibutuh peran dan kontribusi dari semua pihak untuk memberikan peran aktif terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang," tambah dia.

Disamping itu, peran masyarakat terhadap pembangunan daerah juga sangat diharapkan melalui dukungan terhadap program kegiatan yang dilaksanakan pemerintah pusat maupun daerah dan juga diharapkan partisipasi aktif dalam kewajiban membayar pajak dan retribusi daerah.

"Dukungan ini sangat besar artinya bagi pembangunan dan sekaligus sebagai wujud keikutsertaan dalam pembangunan daerah," tegasnya.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pasaman Barat, Harnina Syahputri mengatakan target kinerja pembangunan adalah berdasarkan visi dan misi, serta tujuan dan sasaran pembangunan 2021-2026.

Visi misi itu adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional dan inovatif, membangun SDM yang beriman dan bertaqwa, berbudaya dan berdaya saing, selanjutnya mewujudkan perekonomian yang tangguh, berdaya saing dan inklusif.

"Dalam mencapai misi tersebut kita memiliki sejumlah program unggulan atau rencana prioritas pembangunan Pasaman Barat 2023," katanya.

Selain itu, terdapat beberapa proyek strategis Pasaman Barat yaitu pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang Air Bangis, lanjutab pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Ujung Gading dan RSUD Pasaman Barat.