Usai balik ke Padang 175 penumpang Lion Air tujuan Batam kembali diberangkatkan

id berita sumbar,berita padang,lion air,bim

Usai balik ke Padang 175 penumpang Lion Air tujuan Batam kembali diberangkatkan

Pesawat Lion Air JT 145 tujuan Padang-Batam usai return to base diparkir di stand 5 BIM. (Antarasumbar/HO-Angkasa Pura II)

Padang (ANTARA) - Penumpang Pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT 145 rute Padang-Batam kembali diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatera Barat setelah pada penerbangan sebelumnya sempat mengalami kendala teknis sehingga harus kembali ke Padang.

"Alhamdulillah Lion Air JT 145 tujuan Padang telah diberangkatkan pukul 18.30 WIB mengangkut 175 penumpang," kata Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra di Padang, Pariaman, Senin malam.

Ia menyebutkan pada mulanya pesawat mengangkut 196 penumpang, namun setelah pesawat kembali ke Padang akhirnya hanya 175 penumpang yang memutuskan tetap berangkat dengan pesawat tersebut.

"Sisanya ada yang memilih berangkat besok, dan ada juga yang berangkat namun menuju Jakarta terlebih dahulu," kata dia.

Ia menyampaikan penyebab utama pesawat kembali karena kendala teknis dan info lebih detail masih menunggu dari maskapai.

Sebelumnya pesawat Lion Air rute Padang-Batam dengan kode penerbangan JT 145 dilaporkan balik ke Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman setelah sempat mengudara selama 40 menit menuju Batam pada Senin siang.

Setelah kembali ke Padang pesawat dan seluruh penumpang telah mendarat dengan selamat dan diparkir di stand 5.

Berdasarkan informasi dari aplikasi flightradar24 pesawat berkode penerbangan JT145 terbang hingga ketinggian 21 ribu kaki dengan kecepatan 404 knots dan terlihat berbalik arah setelah berada di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota.

Sementara salah seorang penumpang pesawat tersebut Evi Yandri yang merupakan anggota Komisi I DPRD Sumbar menyampaikan pihaknya akan melaksanakan studi koperatif ke Medan.

Penerbangan menggunakan Lion Air transit di Batam. Pesawat lepas landas dari BIM sekitar pukul 13.15 WIB.

Ia menceritakan sekitar 40 menit di udara tiba-tiba tekanan udara menurun drastis dan pilot memutuskan untuk kembali ke BIM.

"Baru saja pilot mengumumkan pesawat harus balik ke BIM, posisi pesawat turun mendadak dan kami diminta untuk memasang masker oksigen yang sudah bergelantungan, semua panik,"

Akan tetapi ia bersyukur dengan ketenangan pilot dan semua kru Lion Air pesawat mendarat dalam keadaan selamat di BIM.