Komisi Informasi RI lakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan KIP UNP

id komisi informasi,unp,ganefri

Komisi Informasi RI lakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan KIP UNP

Tangkapan layar kegiatan Monev pelaksanaan KIP UNP oleh Komisi Informasi RI secara virtual. (ANTARA/Humas UNP)

PadangĀ  (ANTARA) - Komisi Informasi (KI) Republik Indonesia (RI) melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Universitas Negeri Padang (UNP) melalui daring.

Acara tersebut dikemas dalam bentuk kompetisi yang diikuti oleh sejumlah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D di Padang, Kamis, memaparkan UNP melakukan tiga inovasi penting terkait dengan KIP.

"Yakni akan membangun sarana e-Library dan Pusat Informasi UNP, yang salah satu unitnya adalah Laboratorium KIP, sebagai tempat pelatihan bagi mahasiswa, dosen dan Pemerintah Daerah di Sumbar tetang manajemen KIP," ucapnya.

Kemudian UNP telah melakukan inovasi melalui Konsep Nagari Informatif melalui kegiatan KKN mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat di beberapa daerah di Sumbar.

"Selain itu secara akademis telah diintegrasikan materi KIP ke dalam Mata Kuliah Umum Kewarganegaraan sejak diterapkannya gerakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka," kata Rektor UNP yang beberapa kali dinobatkan sebagai tokoh informatif oleh KI Sumbar.

Sementara itu Ketua KI Pusat, Gede Narayana mengatakan keterbukaan informasi publik menjadi tolak ukur dalam melihat kesiapan perguruan tinggi di era disrupsi teknologi informasi yang berbasis digital.

Sehingga dibutuhkan keseriusan melalui penganggaran untuk penyediaan layanan akademik, layanan pengaduan dan layanan respon masyarakat terhadap kinerja KIP yang diterapkan sebuah badan publik seperti Perguruan Tinggi.

Salah satu prestasi penting UNP dalam kegiatan ini yaitu pada 2019 pernah meraih prestasi perguruan tinggi informatif tingkat nasional dan pada 2021 ini juga berpotensi meraih prestasi tersebut.

Pada kegiatan Monev pelaksanaan KIP untuk tahun 2021 tersebut, juga turut di hadiri sebagai Tim Penilai oleh Dr. Amiruddin, mantan komisoner KI pusat, dan tokoh LSM Maryati Abdullah.

Dalam tahap penilaian ini, Tim UNP melakukan presentasi satu grup meeting dengan Tim ITB, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Mulawarman, dan ISI Yogyakarta.

Tim KIP UNP terdiri dari Rektor UNP, Wakil Rektor IV sebagai PPID UNP, Dr Erianjoni, M.Si (PPID Pelaksana), Aldri Frinaldi, M.Hum, Ph.D (Pendamping PPID).

Selanjutnya dari Humas UNP yang juga hadir PPID Pelaksana dan Pelayanan Informasi Novri Elvida, M.Pd, Syafril, A.Md, Aguswandi,S.I, Siti Sarah, M.Hum dan Bakri, S.Pd.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021