Tanah Datar siapkan 2.000 hektare lahan kembangkan bawang merah, cabai, dan jengkol

id Bupati Tanah Datar Eka Putra,anaman bawang, cabai, dan jengkol,berita tanah datar,berita sumbar

Tanah Datar siapkan 2.000 hektare lahan kembangkan bawang merah, cabai, dan jengkol

Bupati Tanah Datar Eka Putra. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menyediakan 2.000 hektare lahan untuk pengembangan tanaman bawang merah, cabai dan jengkol guna meningkatkan produksi pertanian daerah itu.

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar, Senin, mengatakan dengan luas lahan ini diharapkan bisa meningkatkan produksi petani dan membantu perekonomian masyarakat.

Ia mengatakan sebelumnya Pemkab Tanah Datar telah melakukan program pengembangan bawang merah dan cabai merah yang disingkat dengan Bangcerah di lahan-lahan masyarakat yang selama ini kurang produktif.

Dengan program Bangcerah itu Kabupaten Tanah Datar dinilai mampu dan berhasil menjadi kabupaten terbaik dalam mengendalikan inflasi daerah oleh pemerintah pusat dan meraih juara Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) award 2021 dengan kategori terbaik kabupaten atau kota se-Sumatera.

"Alhamdulillah, beberapa hari lalu kami berhasil meraih juara TPID Award 2021 terbaik kabupaten atau kota se-Sumatera dengan program pengembangan bawang merah dan cabai merah, karena dinilai mampu dan berhasil menjadi yang terbaik dalam mengendalikan inflasi daerah oleh pemerintah pusat," katanya.

Terkait dengan pengembangan bawang merah Pemkab Tanah Datar telah memiliki varietas lokal unggul yaitu bawang merah sumbu Marapi dan telah terdaftar di Kementrian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI).

Varietas bawang merah Sumbu Marapi memiliki keunggulan umbi bawang muncul ke permukaan tanah dan bertingkat-tingkat dengan diameter umbi berkisar 1,7 sampai 2,5 milimeter.

Sementara jumlah umbi per rumpunnya bisa mencapai 15 hingga 25 umbi dengan berat per rumpun 130 sampai 180 gram dengan umur panen 73 sampai 75 hari setelah tanam.

Bupati mengatakan selain disektor pertanian, Pemkab Tanah Datar juga memiliki program unggul disektor pariwisata dengan satu nagari satu event wisata yang diharapakan bisa memicu pertumbuhan ekonomi di daerah. (*)