Pasar Rakyat Pariaman lokasi menarik nikmati sarapan dengan pemandangan bukit barisan

id pasar rakyat pariaman,wisata pariaman,kuliner pariaman

Pasar Rakyat Pariaman lokasi menarik nikmati sarapan dengan pemandangan bukit barisan

Salah seorang pengunjung Pasar Rakyat Pariaman, Sumbar sedang menikmati sarapan di pasar itu, Rabu. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Lantai empat Pasar Rakyat Pariaman, Sumatera Barat dapat menjadi lokasi menarik untuk menikmati sarapan pagi karena dari bangunan itu dapat melihat pemandangan Bukit Barisan, laut serta aktivitas perdagangan di pasar itu.

Ada berbagai menu makanan yang dijual pedagang di lantai empat tersebut mulai dari ketupat, nasi goreng, hingga nasi ampera serta aneka minuman dengan harga terjangkau.

Salah seorang pedagang makanan di lantai empat Pasar Rakyat Pariaman, Mardelis (50) mengatakan dirinya mulai berjualan semenjak bangunan itu diresmikan oleh Wakil Presiden RI beberapa bulan lalu.

"Awal mula pasar diresmikan omzet saya bisa sampai Rp700 ribu per hari, namun sekarang sudah mulai turun," kata dia di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan dirinya berdagang di pasar itu mulai dari pagi hingga sekitar pukul 17.00 WIB dengan menjual makanan dan minuman dengan harga mulai Rp3 ribu hingga Rp13 ribu perporsi.

Ia menyampaikan pelanggannya tidak saja pedagang di pasar itu namun juga pengunjung pasar yang beristirahat belanja sambil melihat pemandangan gunung serta laut.

"Kalau dulu mengantarkan makanan jalannya datar saja kalau sekarang karena pasar sudah bertingkat terpaksa naik turun tangga," katanya.

Ia mengatakan pada awal pasar tersebut dibuka seluruh eskalator dan lift beroperasi sehingga pengunjung mudah berkunjung ke lantai empat namun sekarang tidak semua yang beroperasi.

Karena kunjungan mulai berkurang, lanjutnya maka omzetnya sekarang paling tinggi Rp500 ribu perhari yang menurutnya jumlah jauh merosot pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang pakaian di lantai satu pasar tersebut Yulia (27) mengatakan tingginya kunjungan ke Pasar Rakyat Pariaman sebelumnya karena masyarakat banyak yang masih penasaran dengan pasar tersebut.

"Tapi sekarang sudah mulai sepi," katanya.

Ia berharap pasar tersebut mulai ramai kembali karena meskipun sifatnya pasar tradisional bangunan itu hingga sekarang masih terawat dan bersih sehingga pengunjung nyaman datang dan berkeliling di sana.

Sebelumnya Wakil Presiden RI K. H. Ma'ruf Amin meresmikan gedung Pasar Rakyat Pariaman di Kota Pariaman, Sumatera Barat, yang merupakan hasil revitalisasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah pusat.

"Pemerintah berkomitmen untuk terus melakukan pembangunan dan revitalisasi guna memberikan akses kepada pedagang, terutama UMKM,’' kata Wapres saat memberikan sambutan pada Peresmian Pasar Rakyat Pariaman di Pariaman.

la menjelaskan revitalisasi yang dilakukan tidak saja dalam bentuk fisik, tapi juga manajemen, sosial, dan ekonomi sehingga Pasar Rakyat Pariaman mampu bersaing dengan pasar-pasar lain.

"Pasar Pariaman harus sehat, bersih, aman, dan tertata agar mampu bersaing dengan pasar-pasar lain,’ katanya.