Melalui Pemilu pertama kali, UM Sumbar lahirkan pengurus lembaga kemahasiswaan

id berita sumbar,pemilu

Melalui Pemilu pertama kali, UM Sumbar lahirkan pengurus lembaga kemahasiswaan

Rektor UM Sumatera Barat, Riki Saputra saat melantik Pengurus Lembaga Kemahasiswaan di Bukittinggi. (Antarasumbar/Al Fatah)

Alhamdulillah, perhelatan pertama pembentukan pengurus lembaga kemahasiswaan UM Sumatera Barat periode 2021-2022 melalui pemilu umum mahasiswa ini sukses terselenggara,
Bukittinggi (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UM Sumbar) sukses mengadakan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Mahasiswa untuk kali pertama, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Civitas Akademi berhasil membentuk pengurus lembaga kemahasiswaan.

"Alhamdulillah, perhelatan pertama pembentukan pengurus lembaga kemahasiswaan UM Sumatera Barat periode 2021-2022 melalui pemilu umum mahasiswa ini sukses terselenggara," kata Rektor UM Sumatera Barat, Riki Saputra di Bukittinggi, Kamis.

Ia mengatakan, KPU UM Sumatera Barat telah melakukan tugasnya dalam penyaringan suara di empat kampus seluruh Sumatera Barat.

"Sebanyak 87 Pengurus Lembaga Kemahasiswaan terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua pimpinan lembaga dilantik hari ini, semoga amanah dalam menjalankan tugas," kata Riki Saputra.

Menurutnya, pihak kampus menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan kemahasiswaan dan berharap lahirnya tokoh pendidikan dan negara dari lembaga mahasiswa.

"Semoga lahir penerus tokoh pendidikan dan tokoh negara dari UM Sumatera Barat, sistem berdemokrasi terjamin di kampus bahkan di seluruh negeri," kata dia.

Dalam hasil Pemilu Mahasiswa tersebut dan disahkan oleh Keputusan Rektor membentuk pengurusan kemahasiswaan di UM Sumatera Barat.

Diantaranya, Keputusan Rektor nomor 952 tahun 2021 yang memutuskan Dewan Perwakilan Mahasiswa UM Sumatera Barat yang diketuai oleh Fauziah Ramadhani.

Selanjutnya, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dengan Presiden Usman Bin Nazarudin.

Unit Kegiatan Mahasiswa diantaranya Bidang Kesenian, Fadlul Huda, Menwa diketuai Muhammad Rafi serta Mapala diketuai oleh Junita Tiara

Dalam proses pelantikan, Riki Saputra juga mengingatkan tentang arti janji setia dalam memikul setiap amanah yang diberikan.

"Sesuai dengan perintah agama yang menyatakan orang yang berjanji setia sesungguhnya mereka juga berjanji pada Allah, siapa yang melanggar akan menimpa dirinya sendiri dan menepatinya maka akan diberikan pahala yang besar," kata Riki Saputra mengingatkan.