Universitas Negeri Padang gelar lomba ini untuk mahasiswa se-Indonesia

id berita padang,berita sumbar,unp

Universitas Negeri Padang gelar lomba ini untuk mahasiswa se-Indonesia

Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang. (Antarasumbar/HO)

Ada empat kegiatan yang lombakan yaitu Business Plan Competition dan Seminar Kewirausahaan yang diselenggarakan mulai 30 Agustus 2021 sampai 30 Oktober 2021,
Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa, Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UKM UPKK) mengadakan kegiatan Gebyar Mahasiswa Wirausaha Nasional ke 4 (Gemnas 4) yakni lomba perencanaan bisnis nasional bagi mahasiswa se-Indonesia.

"Ada dua kegiatan yang lombakan yaitu Business Plan Competition dan Seminar Kewirausahaan yang diselenggarakan mulai 30 Agustus 2021 sampai 30 Oktober 2021," kata Panitia Gemnas 4, Febrina Maulana di Padang, Kamis.

Ia mengatakan tujuan diadakannya lomba tersebut pertama yaitu sebagai ajang untuk menyalurkan kreatifitas dan inovasi pemuda dalam rancangan bisnis melalui mekanisme teori dan praktek lapangan.

Kedua, sebagai landasan motivasi pemuda dalam menentukan kerangka ekonomirealis. Ketiga, sebagai acuan problem solving untuk mengurangi pengangguran akademik.

Terakhir, sebagai ajang untuk mempersiapkan masa depan pemuda dengan ide kreatif dan inovasi berwirausaha di masa pandemi COVID-19.

Febrina menyampaikan pendaftaran terbagi atas dua gelombang, gelombang 1 telah dibuka sejak 30 Agustus 2021 dan akan berakhir pada 12 September 2021. Lalu, dilanjutkan dengan pendaftaran gelombang 2 yang dibuka pada 13 September dan ditutup pada 19 September 2021.

Ia mengemukakan pendaftaran dibuka dengan dua gelombang agar mahasiswa yang ketinggalan pendaftaran gelombang 1 bisa ikut pendaftaran di gelombang 2. Biaya pendaftaran gelombang 1 sebesar Rp25.000 dan gelombang 2 sebesar Rp40.000.

Syarat administratif lomba yang pertama adalah mahasiswa aktif Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta pada jenjang pendidikan Diploma atau S1 se-Indonesia. Peserta merupakan tim yang terdiri atas 3 orang berada pada universitas yang sama.

Setiap Perguruan Tinggi dapat mengirimkan lebih dari satu tim. Satu orang dapat bergabung dalam 3 tim yang berbeda tetapi hanya boleh menjadi ketua pada satu karya.

Ide rencana bisnis merupakan karya sendiri, belum pernah dipublikasikan di media manapun, belum pernah diikutkan dalam perlombaan sejenis ataupun belum pernah dipresentasikan dan tidak pernah menjadi juara pada acara lainnya.

Untuk persyaratan lomba yaitu tema atau judul Business Plan adalah Ide bisnis, kreatif dan inovatif dalam upaya menjadi seorang entrepreneur yang melakukan perubahan besar dalam dunia bisnis.

Setiap tim wajib mengisi formulir pendaftaran (Biodata diri, Wajib men-Scan KTP/ KTM (pilih salah satu), bukti foto atau scan pembayaran) serta business Plan-nya yang berlaku pada saat lomba dilaksanakan.

Form pendaftaran dapat diunduh di https://bit.ly/FormPendaftaranGemnasBatch4 . Keputusan dewan juri bersifat mutlak, dan tidak dapat diganggu gugat.

Untuk pengumuman finalis akan diumumkan pada 11 Oktober 2021 dan pengumuman pemenang diumumkan pada 30 Oktober 2021. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp5.250.000.

Lebih lanjut, ia mengatakan perlombaan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya sejak 2018. Rata-rata peserta yang mendaftar sebelumnya berasal dari Sumbar dan Pulau Jawa. Ia menargetkan 60 tim dapat bergabung dalam perlombaan ini.

Ia berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya serta banyak diketahui dan diikuti oleh mahasiswa se Indonesia.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021