Diduga tilep uang untuk bayar pajak, notaris di Payakumbuh laporkan karyawannya ke polisi

id berita payakumbuh,berita sumbar,lapor

Diduga tilep uang untuk bayar pajak, notaris di Payakumbuh laporkan karyawannya ke polisi

Kantor Polres Payakumbuh. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Iya, saya melaporkan RH ke Mapolres Payakumbuh beberapa waktu lalu dalam perkara atau kasus tindak pidana penipuan dan atau penggelapan,
Payakumbuh (ANTARA) - Salah seorang notaris di Payakumbuh, Sumatera Barat, Sri Rejeki Suksessusilawati melaporkan karyawannya berinisial RH ke polisi setempat dengan kasus dugaan Tindak Pidana Penipuan dan atau Penggelapan.

Sri di Payakumbuh, Selasa, mengatakan kasus tersebut telah dilaporkan ke polisi dengan Laporan Polisi (LP) Nomor : STTLP/197.a/VI/2021/SPKT/POLRES PAYAKUMBUH/POLDA SUMBAR tertanggal 28 Juni 2021.

"Iya, saya melaporkan RH ke Mapolres Payakumbuh beberapa waktu lalu dalam perkara atau kasus tindak pidana penipuan dan atau penggelapan," ujarnya.

Dalam LP, kejadian itu ia ketahui pada Jumat 5 Maret 2021 sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu dia bersama seorang karyawannya bernama Azmi, melakukan pemeriksaan terhadap berkas-berkas penting.

Berkas penting itu berupa Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Penghasilan (PPH) yang merupakan berkas yang ditugaskan kepada terlapor RH untuk dibayarkan pajaknya ke Kantor Pajak Kota Payakumbuh beserta uang bea BPHTB dan PPH.

Diketahui RH tidak kunjung membayarkan atau memproses pembayaran pajak dan saat ini berkasnya tidak ditemukan lagi.

Namun terlapor RH tidak mengakui perbuatannya menggelapkan dokumen-dokumen berupa BPHTB dan PPH serta uang pajak tersebut.

Masih dalam LP tersebut, atas perbuatan dari terlapor, Sri Rejeki harus mengalami kerugian mencapai Rp250 juta.

Ditempat terpisah Kasat Reskrim Polres Payakumbuh, AKP Akno Pilindo mengatakan bahwa dalam perkara itu pihaknya telah menetapkan satu orang tersangka pada kasus tersebut.

"Perkara sudah naik sidik, SPDP sudah dikirim ke Jaksa. Tersangka 1 orang," ujarnya didampingi Kanit 1 Resum IPDA Aiga Putra.