Di Mei 2021, Rp628 juta zakat karyawan PT Semen Padang disalurkan melalui berbagai program

id berita padang,berita sumbar,zakat

Di Mei 2021, Rp628 juta zakat karyawan PT Semen Padang disalurkan melalui berbagai program

​​​​​​​Sejumlah Da'i binaan UPZ Baznas Semen Padang di Kepulauan Mentawai mengikuti arahan dan pembinaan dari UPZ Baznas Semen Padang. (Antarasumbar/HO-PT Semen Padang)

Penyaluran zakat ini konsisten dilakukan sejak 26 tahun silam,
Padang (ANTARA) - Selama Mei 2021 UPZ Baznas PT Semen Padang telah menyalurkan zakat sebesar Rp628 juta lebih kepada penerima zakat yang terdiri atas delapan asnaf, yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, pemerdekaan, berutang, fisabilillah dan ibnu sabil.

"Dana ratusan juta rupiah yang berasal dari zakat karyawan PT Semen Padang itu disalurkan kepada mustahik melalui berbagai program zakat, diantaranya, program pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, serta program dakwah advokasi," kata Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Oktoweri di Padang, Kamis.

Menurut dia sejak Januari hingga Mei 2021 sebanyak Rp2,75 miliar dana zakat karyawan disalurkan oleh UPZ BaznasSemen Padang kepada mustahik yang tersebar di ring 1 perusahaan Kota Padang dan juga di luar Kota Padang seperti Mentawai.

Untuk itu, mewakili perusahaan, Oktoweri mengucapkan terima kasih kepada UPZ Baznas PT Semen Padang yang telah memudahkan karyawan PT Semen Padang dalam menyalurkan zakat yang sudah berlangsung sejak awal 1995.

"Penyaluran zakat ini konsisten dilakukan sejak 26 tahun silam. Bahkan sejak 1997 hingga sekarang ini, zakat yang disalurkan berjumlah 2,5 persen dari gaji karyawan PT Semen Padang yang dipotong tiap bulan untuk disalurkan ke mustahik melalui UPZ Baznas Semen Padang," kata dia.

Sementara Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang, Muhammad Arif merinci zakat sebesar Rp628 juta pada periode Mei 2021 disalurkan kepada 351 orang penerima manfaat biaya hidup rutin dan 6 orang biaya hidup non rutin yang terdiri atas faqir, jompo, janda dan cacat.

"Sebaran penerima manfaat biaya hidup rutin itu, sebagian besar kami salurkan untuk masyarakat di sekitar ring 1 perusahaan," kata dia.

Selanjutnya, zakat juga disalurkan untuk 22 orang penerima manfaat peduli ekonomi berupa modal usaha yang pada umumnya, digunakan untuk pemulihan ekonomi masyarakat terdampak COVID-19.

Kemudian kepada 13 lembaga Sosial Kemanusiaan berupa insentif, kepada 6 kepala keluarga (KK) penerima manfaat Peduli Hunian berupa bantuan perbaikan rumah dan pembelian bahan bangunan, kepada 4 KK korban musibah kebakaran rumah, dan juga kepada 3 orang penerima manfaat program kesehatan, berupa bayar utang berobat di rumah sakit, dan bantuan untuk bayar tunggakan BPJS Kesehatan.

Selain itu, juga untuk 122 orang penerima beasiswa rutin, 11 orang beasiswa insidentil, 94 orang penerima bantuan honor rutin guru TPQ/TQA dan 31 lembaga yang meliputi program pendidikan, dakwah rutin dan non rutin.

"Pada bulan Mei, kami juga menyalurkan sebagian zakat untuk honor puluhan Da’i binaan UPZ Baznas Semen Padang yang tersebar di Kepulauan Mentawai, serta untuk program dakwah lainnya yang juga sebagian besar dari program dakwah tersebut, dilaksanakan di Mentawai," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar