Kasus positif COVID-19 terus bertambah, Tanah Datar dorong nagari realisasikan rumah isolasi

id covid-19,rumah isolasi,tanah datar

Kasus positif COVID-19 terus bertambah, Tanah Datar dorong nagari realisasikan rumah isolasi

Bupati Tanah Datar Eka Putra. (Antara/HO Humas Tanah Datar)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mendorong setiap nagari di daerah itu untuk merealisasikan rumah isolasi COVID-19 mengingat terus bertambahnya kasus positif terinfeksi.

"Saya harapkan kepada camat selaku kepala pemerintah kecamatan untuk segera melakukan koordinasi dengan pemerintah nagari untuk merealisasikan rumah isolasi sebagai langkah untuk menekan peningkatan kasus COVID-19 di Tanah Datar," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Senin.

Menurutnya rumah isolasi mandiri di tiap nagari akan bisa memutus rantai penyebaran COVID-19 dibanding isolasi mandiri.

Karena fasilitas dalam isolasi mandiri belum tentu semuanya aman dan mencukupi terutama di kamar mandi, sehingga bisa membuat keluarga yang lain terpapar COVID-19.

"Kasus terkonfirmasi positif di Tanah Datar sudah tahap memprihatinkan bagi kita semua, dengan rumah isolasi ini tentunya akan bisa memutus rantai penyebaran COVID-19 dibanding isolasi mandiri," katanya.

Terkadang, katanya menambahkan, fasilitas dalam isolasi mandiri terutama kamar mandi tidak mencukupi, sehingga bisa saja keluarga yang tidak terkena COVID-19 bisa terpapar virus ini.

Ia berharap dalam rangka pemutusan penyebaran COVID-19 masyarakat diimbau untuk tidak kendor dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes) dan penerapannya lebih diperketat lagi dan dijalankan sesuai aturan yang ada.

"Kepada masyarakat tidak bosan-bosannya diimbau untuk tidak kendor dalam penerapan protokol kesehatan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita mengatakan perkembangan kasus positif COVID-19 masih terus bertambah dan memang sangat dibutuhkan rumah isolasi di nagari.

Rumah isolasi diharapkan satu pasien positif harus berada di satu kamar dengan kelengkapan kamar mandi sendiri bertujuan agar virus tidak menyebar ke anggota keluarga lainnya.

"Inilah manfaat dari rumah isolasi yang hendaknya diadakan oleh pemerintah nagari, tentunya dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan," katanya.