Jumlah proposal mahasiswa yang lolos PKM 5 Bidang di LLDIKTI-X meningkat

id Proposal mahasiswa lulus PKM

Jumlah proposal mahasiswa yang lolos PKM 5 Bidang di LLDIKTI-X meningkat

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA. (ANTARA/Mutiara)

Padang (ANTARA) - Jumlah proposal mahasiswa di LLDIKTI Wilayah X yang berhasil lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang 2021 meningkat menjadi 82 judul.

"Alhamdulillah, jumlah proposal PKM yang lolos tahun ini meningkat berkat adanya pembinaan yang dilakukan," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan sebelum mengikuti PKM tersebut, telah dilakukan pembinaan dengan mengundang pembina atau dosen untuk diberi penjelasan mengenai PKM kemudian diteruskan ke mahasiswa mereka.

Total dana yang diraih dari PKM 5 Bidang Dikti 2021 tersebut adalah Rp703,3 juta untuk 82 proposal yang lolos.

Sementara itu, untuk PKM 5 Bidang Vokasi 2021, terdapat satu perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah X yang berhasil lolos yakni Politeknik Caltek sebanyak satu judul dengan dana Rp9,8 juta.

Pada tahun sebelumnya hanya 51 proposal yang berhasil mendapatkan hibah pendanaan dari PKM 5 Bidang tersebut dengan total dana Rp246 juta.

Pada tahun ini sebanyak 26 perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah X berhasil mendapatkan pendanaan PKM 5 bidang tersebut dan judul yang paling banyak lolos berasal dari Universitas Muhammadiyah Riau.

Universitas Muhammadiyah Riau mendapatkan pendanaan PKM 5 Bidang paling banyak dibanding PTS lainnya di LLDIKTI Wilayah X yakni sebanyak Rp249,5 juta dengan total proposal 29.

Prof Herri mengatakan untuk meningkatkan jumlah proposal yang lolos tahun depan, maka mahasiswa perlu diberi ruang untuk beraktivitas sesuai dengan minatnya.

Kemudian, sosialisasi mengenai adanya PKm 5 Bidang tersebut kepada pembina atau dosen juga perlu ditingkatkan sebab tidak semua mahasiswa serta dosen tahu adanya program tersebut.*