105 orang perserta didik baru akan diterima SMAN Agam Cendekia secara online

id berita agam,berita sumbar,sma

105 orang perserta didik baru akan diterima SMAN Agam Cendekia secara online

Kepala SMAN Agam Cendekia Agam, Muhammad Hernandar. (Antarasumbar/Yusrizal)

105 siswa baru itu dengan jurusan IPA sebanyak 78 siswa untuk tiga rombongan belajar dan IPS 27 siswa untuk satu rombongan belajar,
Lubukbasung (ANTARA) - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Agam Cendekia Kabupaten Agam, Sumatera Barat menerima 105 peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022 pada 1-3 Juni 2021 secara online dalam mencegah penularan COVID-19.

Kepala SMAN Agam Cendekia Agam, Muhammad Hernandar didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Yunetri di Lubukbasung, Kamis, mengatakan 105 siswa itu untuk siswa putra 52 orang dan putri 53 orang.

"105 siswa baru itu dengan jurusan IPA sebanyak 78 siswa untuk tiga rombongan belajar dan IPS 27 siswa untuk satu rombongan belajar," katanya.

Ia mengatakan, pendaftaran bakal dibuka pada 1 Juni 2021 pukul 06.00 WIB dan link pendaftaran langsung diberikan di websit SMAN Agam Cendekia www.smanegeriagamcendekia.sch.id pada 1 Juni 2021 pukul 06.00 WIB.

Untuk persyaratan, tambahnya usia minimal 21 tahun pada 1 Juni 2021, tinggi, berat badan sebanding atau ideal.

Memiliki surat keterangan peserta ujian sekolah 2021, memiliki rata-rata nilai rapor minimal 80 pada semester satu sampai lima untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS.

Setelah itu scan pas foto 3x4, scan piagam, sertifikat prestasi yang diperoleh selama di sekolah jika ada, scan kartu keluarga, akte kelahiran dan lainnya.

"Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah ber asrama, kalau keduanya akan di diskualifikasi. Penerimaan peserta didik baru secara online ini untuk mencegah penularan COVID-19," katanya.

Ia menambahkan, tes online secara zoom meetting bakal dilakukan pada 6 Juni 2021.

Untuk jurusan IPA dengan jumlah soal 50 buah atau 10 soal setiap bidang studi seperti, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi dan Bahasa Indonesia.

Sementara jurusan IPS dengan jumlah soal 60 buah atau 10 soal setiap bidang studi seperti, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ekonomi, Geografi dan Sejarah.

"Waktu mengerjakan soal selama 120 menit dan soal memakai paswod atau token yang diberikan saat ujian," katanya.

Setelah lulus, seluruh siswa diwawancara dalam mengetahui kesiapan mereka tinggal di asrama.

SMAN Agam Cendekia memiliki program keunggulan seperti, pembinaan karakter mental spritual dan kepemimpinan atau menjadi imam dan khatib, pembinaan olimpiade sains, pembinaan tahfizh, pembinaan kesamaptaan atau fisik, intensive English dan pembinaan silat.

Ini sesuai dengan visi dan misi SMAN Agam Cendekia yakni, unggul, berkualitas dan berprestasi global yang madani.

"Tidak seluruh sekolah ber asrama yang memiliki program seperti ini," katanya. ***3***