Infak terkumpul di Mushala LLDIKTI-X untuk membantu anak yatim dari karyawannya

id berita padang,berita sumbar,lldikti

Infak terkumpul di Mushala LLDIKTI-X untuk membantu anak yatim dari karyawannya

Kantor LLDIKTI Wilayah X di Padang, Sumatera Barat. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Dana bantuan untuk anak yatim ini berasal dari infak dan sedekah yang berhasil terkumpul dari Mushala di LLDIKTI Wilayah X setiap ada pengajian dan jumatan,
Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menyiapkan program pada Ramadhan 1442 Hijriah dengan memberikan bantuan uang tunai kepada anak yatim serta mengadakan pengajian setiap dua minggu sekali di Mushala LLDIKTI-X.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA di Padang, Kamis, mengatakan program itu baru pertama kali diadakan, sedangkan kegiatan pengajian sudah biasa dilakukan sebelumnya.

"Dana bantuan untuk anak yatim ini berasal dari infak dan sedekah yang berhasil terkumpul dari Mushala di LLDIKTI Wilayah X setiap ada pengajian dan jumatan," kata dia.

Ia mengatakan besaran bantuan yang akan diberikan kepada anak yatim tersebut nantinya bergantung kepada jumlah infak dan zakat yang terkumpul.

Menurut dia, penerima bantuan tersebut diutamakan bagi karyawan LLDIKTI yang orang tuanya telah meninggal dunia.

Untuk penyerahan bantuan tersebut rencananya akan diserahkan pada Jumat, (23/4) dengan jumlah penerima berkisar tujuh orang anak yatim yang akan diserahkan di Mushala LLDIKTI Wilayah X.

"Penyerahannya besok, sekalian takziah daring karena ada orang tua karyawan yang meninggal, karena masih situasi pandemi COVID-19 kita kurangi kumpul bersama jadi kita mengundang ustadz untuk berikan ceramah," ucapnya.

Selain menyiapkan program bantuan untuk anak yatim dan pengajian, LLDIKTI Wilayah X juga berencana akan kembali mengadakan perlombaan Tahfidz Quran seperti yang diadakan pada Ramadhan tahun sebelumnya.

Pada perlombaan tahun lalu, para pesertanya merupakan putra putri dari karyawan LLDIKTI Wilayah X yang dikelompokkan dalam tiga kategori.

Kategori pertama, tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan kelas 2 Sekolah Dasar (SD) yang membacakan surah wajib QS Al Humazah dan 1 surah pilihan yaitu QS An Nas sampai Al Humazah dan diikuti 9 orang.

Kemudian kategori kedua, tingkat SD yaitu mulai dari kelas 3 sampai dengan kelas 6 membacakan surah wajib QS Al Alaq dan 1 surah pilihan QS An Nas sampai Al Buruj diikuti sebanyak 4 orang.

Terakhir, tingkat SLTP membacakan surah wajib QS Al Qhasyiah dan 1 surah pilihan juz 30 yang diikuti sebanyak 3 orang.

Lomba tersebut dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan serta untuk menggali potensi dan bakat anak dalam membaca dan menghafal Al Quran.