Permudah peserta UTBK temukan lokasi ujian, UNP siapkan mobile posko

id unp,ujian masuk perguruan tinggi negeri

Permudah peserta UTBK temukan lokasi ujian, UNP siapkan mobile posko

Petugas di mobile Posko Informasi melayani peserta yang membutuhkan informasi seputar UTBK-SBMPTN di Padang, Jumat. (ANTARA/HO-HUmas UNP)

PadangĀ  (ANTARA) - Panitia Lokasi (Panlok) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Negeri Padang (UNP) mengoperasikan mobile posko untuk layani peserta ujian di universitas itu dalam mendapatkan informasi seputar lokasi dan pelaksanaan ujian.

Menurut Koordinator Pelaksana UTBK Panlok 42 UNP Dr Asrul Huda di Padang, Jumat mengatakan pengoperasian mobile posko itu dalam rangka mendukung layanan bagi peserta UTBK-SBMPTN di lokasi UNP.

"Mobile posko itu ditempatkan di depan gerbang utama kampus karena masih adanya peserta yang kewalahan dalam mengetahui lokasi ujiannya dan tidak sempat survei lokasi menjelang hari “H” pelaksanaan ujian," kata dia .

Tujuan dioperasikannya Mobile Posko Informasi ini merupakan wujud dari salah satu pelayanan khusus yang diberikan oleh panitia pelaksana untuk peserta UTBK yang mengalami kesulitan dalam menemukan lokasi ujian.

"Sekaligus melayani informasi seputar pelaksanaan UTBK secara langsung, sehingga peserta dapat mendapatkan informasi," ucapnya.

Sedangkan menurut Wakil Rektor IV UNP Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Yasri mengatakan keberadaan fasilitas ini sangat penting dan pihaknya mendukung model informasi UTBK langsung yang diterapkan di UNP.

Menurut dia Mobile posko ini berguna membantu mengarahkan peserta ujian karena lokasi ujian di UNP tersebar di beberapa gedung sehingga bisa membuat peserta kebingungan.

"Ini juga bisa membantu psikologis peserta, sebab jika mereka telat karena tidak bisa menemukan lokasi ujian mereka nanti akan tergesa-gesa dan bisa mengganggu fokusnya saat ujian," ujar dia.

Ia mengatakan keberadaan mobile posko akan terus beroperasi selama Pelaksanaan UTBK-SBMPTN berlangsung di UNP. UTBK telah berlangsung sejak 12 April dan berakhir pada 18 April 2021 untuk gelombang satu.

Sedangkan untuk UTBK gelombang kedua, rencananya akan dilaksanakan pada 26 April hingga 2 Mei 2021.

Selain membantu peserta menemukan lokasi ujian, keberadaan mobile posko itu juga bisa memberikan informasi yang seluas-luasnya pada masyarakat mengenai UTBK-SBMPTN supaya mendapat informasi yang benar.

"Kadang banyak kesalahan-kesalahan calon mahasiswa karena ketidaktahuannya tentang tata cara ujian, dan banyak juga masyarakat berfikir ada kecurangan di tes ini padahal hasil ujiannya kan langsung ke pusat," terangnya.

Untuk mendukung kelancaran layanan mobile Posko Informasi tersebut, ditempatkan dua orang petugas yang siap memberikan layanan informasi kepada peserta UTBK.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar