Nagari Mart hadir usung konsep "sato sakaki"

id berita padang, berita sumbar, nagari mart

Nagari Mart hadir usung konsep "sato sakaki"

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menggunting pita peresmian Nagari Mart Sungai Pinang, Kasang. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - PT Nagari Minang Sakato resmi membuka minimarket dengan nama Nagari Mart mengusung konsep sato sakaki.

"Alhamdulillah hari ini sudah diresmikan Nagari Mart Sungai Pisang Kasang, kehadirannya bertujuan untuk memudahkan masyarakat berbelanja kebutuhan harian," kata Direktur Utama PT Nagari Minang Sakato, Nasirman Chan di Padang, Senin.

Menurutnya Nagari Mart mengusung konsep Sato Sakaki dan dapat dibuka di nagari-nagari yang ada di Sumbar.

Saat ini ada sekitar 1.000 nagari dan jika 10 persen saja sudah ada 100 nagari mart, kata dia.

Ia menyampaikan untuk membangun Nagari Mart pihak nagari cukup menyediakan tanah atau bangunan kemudian pengelolaan akan dilakukan oleh PT Nagari Minang Sakato.

Dengan modal minimal Rp350 juta saja sudah bisa berdiri sebuah nagari mart, kata dia.

Selain itu ia memastikan dari sisi manajemen dikelola dengan baik dan ketat serta telah bekerja sama dengan para distributor.

Sejalan dengan itu Ketua Kadin Sumbar Ramal saleh menyampaikan saat ini terdapat 600 ribu pelaku UKM di Sumbar dan jika didukung dengan baik maka Sumbar sudah punya 10 persen wirausaha dibandingkan total penduduk.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menilai kunci keberhasilan usaha ritel adalah dikelola dengan baik mulai dari operasional, sumber daya manusia dan lainnya.

"Semua harus punya standar operasional prosedur yang baik dan terstandar," katanya lagi.

Ia melihat jika pengelolaan usaha ritel tidak baik maka akan sulit berkembang dan bertahan.

Apalagi sekarang era digital semua bisa dikelola lewat teknologi informasi mulai dari stok barang hingga laporan keuangan, katanya.

Termasuk soal pelayanan harus bisa memberikan yang terbaik kepada konsumen, dalam usaha retail semua orang bisa membuka usaha sehingga tidak ada monopoli dan kunci memenangi persaingan ada di pelayanan, ujarnya.

Selain itu ia berpesan agar pelaku usaha retail memberi ruang bagi produk UKM lokal dengan membuatkan pojok khusus UMKM yang bisa terlihat.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar