Wakil Rektor UNP: Keberhasilan universitas ditentukan pada lulusannya

id berita padang,berita sumbar,unp

Wakil Rektor UNP: Keberhasilan universitas ditentukan pada lulusannya

Wakil Rektor IV UNP Prof. Yasri. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Dari tiga aspek itu yang pertama adalah mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan kalau bisa kurang dari enam bulan setelah tama
Padang (ANTARA) - Wakil Rektor IV Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Yasri menyampaikan keberhasilan sebuah universitas tergantung pada lulusannya yang terbagi dalam tiga aspek.

"Dari tiga aspek itu yang pertama adalah mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan kalau bisa kurang dari enam bulan setelah tamat," kata dia di Padang, Senin.

Kemudian aspek yang kedua lulusan UNP bisa menjadi wirausahawan dan yang terakhir lulusan UNP bisa melanjutkan studi.

Ia menganjurkan bagi lulusan yang sulit mendapatkan pekerjaan atau tidak punya biaya untuk melanjutkan studi lebih baik mencoba menjadi wirausahawan saja.

Menurut dia, untuk menjadi wirausahawan tidak harus dari tamatan non kependidikan namun, tamatan kependidikan pun juga bisa berwirausaha yang penting mempunyai niat.

"Walaupun tidak mempunyai ilmu pada usaha yang akan dirintis tidak masalah, banyak media yang bisa membantu karena saat ini teknologi semakin maju, cukup belajar secara online maka banyak ilmu yang bisa diperoleh," ujar dia.

Kemudian, ia mengatakan akan lebih bagus lagi jika ilmu yang didapatkan selama kuliah bisa dijadikan sumber penghasilan, seperti bagi yang tamatan bahasa Inggris namun belum bekerja bisa buka kursus secara online atau di rumah.

Contoh lain, menurut dia yaitu tamatan DKV bisa menyalurkan ilmunya dengan membuat bermacam-macam desain untuk dijual dan bisa menghasilkan uang. Jadi tidak harus bekerja dengan orang lain.

Berdasarkan data terakhir yang berhasil di rekap oleh UNP, terdapat sebanyak 56 persen lulusan UNP sudah mendapatkan pekerjaan.

"Sisanya ada 15 persen menjadi wirausahawan, 5 persen melanjutkan studi dan 24 persen lagi masih sedang mencari pekerjaan," ucapnya.

Ia menambahkan data tersebut diperoleh setelah lulusan UNP menjawab kuesioner yang dikirimkan oleh masing-masing program studi kepada mereka.