Wagub Sumbar jelaskan 9 arah perubahan kehidupan ke depan

id berita padang,berita sumbar,unp

Wagub Sumbar jelaskan 9 arah perubahan kehidupan ke depan

Wagub Sumbar, Audy Joinaldy saat paparkan sembilan arah perubahan kehidupan ke depan kepada wisudawan UNP. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Memang Provinsi Sumbar ini harus bekerja sama dengan universitas, dunia usaha, praktisi serta dengan organisasi masa,
Padang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menjelaskan sembilan arah perubahan kehidupan manusia saat ini hingga beberapa waktu ke depan dalam orasi ilmiahnya di wisuda UNP ke 122.

"Saat ini dan beberapa waktu ke depan kita semua akan mengalami sembilan perubahan kehidupan atau di kenal dengan 4.0., yang pertama adalah perubahan teknologi," ucapnya di Padang, Jumat.

Menurut dia saat ini adalah zamannya penggunaan internet, bigdata, kecerdasan buatan (AI) dan masih banyak yang lain.

Kemudian yang kedua adalah terjadi makna ownership termasuk di dunia usaha yang dikenal dengan sharing concept yang semuanya harus berkolaborasi termasuk di bidang pemerintahan sehingga muncul sebutan triple helix atau pentahelix.

"Memang Provinsi Sumbar ini harus bekerja sama dengan universitas, dunia usaha, praktisi serta dengan organisasi masa," kata dia.

Ketiga, terjadinya perubahan pekerjaan dan profesi, pekerjaan abad 20 perlahan akan digantikan dengan pekerjaan baru berbasis teknologi 4.0.

Banyak pekerjaan yang punah dan akan punah di muka bumi dalam waktu dekat seperti penjaga pintu tol, tukang pos, teller bank, dan lainnya.

Namun di lain sisi di masa 4.0, banyak pekerjaan yang tercipta tanpa disadari. Contoh yang paling mudah yaitu supir gojek, supir grab, itu contoh pekerjaan baru yang timbul di masa 4.0.

Ia mengatakan tantangan ke depan ternyata tingkat pengangguran di tingkat perguruan tinggi lebih tinggi dari level SD, SMP, dan SMA akibat banyak pekerjaan baru yang muncul yang tidak butuh ijazah kuliah.

Ia mengajak para lulusan untuk bisa menjadi pengusaha muda. Walaupun berdasarkan riset ada sebanyak 3.508 jenis pekerjaan yang musnah tapi masih ada 19.623 jenis pekerjaan yang tercipta di era 4.0.

Keempat, adanya perubahan peta kompetisi di berbagai bidang kehidupan. Kelima, perubahan perilaku dan gaya hidup. Keenam, perubahan regulasi dan cara pandang dalam pengelompokan industri dan lapangan kerja baru.

"Saat ini perkembangan teknologi jauh lebih cepat dibandingkan bidang lain. Kami dari pemerintah juga harus berlari agar tidak ketinggalan dalam hal regulasi atau kebijakan," ucapnya.

Selanjutnya, menjaga kepercayaan dan reputasi masih menjadi tumpuan kehidupan untuk ke depannya.

Terakhir, perubahan skill (kemampuan) baru. Selain dibutuhkan kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan juga dibutuhkan kepribadian yang baik dalam segala bidang.

Ia menambahkan dari 10 faktor sukses yang pertama sekali dibutuhkan adalah jujur. Barulah sisanya disiplin, good interpersonal skill, dukungan dari pasangan hidup, bekerja lebih keras dari yang lain.

Kemudian juga mencintai apa yang dikerjakan, kepemimpinan yang baik dan kuat, semangat dan berkepribadian kompetitif, pengelolaan kehidupan yang baik, kemampuan menjual gagasan dan produk.