Baru dibuka, Emersia waterpark masuk top 13 destinasi wisata Tanah Datar

id Emersia

Baru dibuka, Emersia waterpark masuk top 13 destinasi wisata Tanah Datar

Emersia Water Park destinasi wisata baru di Tanah Datar. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Emersia Waterpark masuk kategori top 13 destinasi wisata di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat meski tempat itu baru beberapa hari saja diresmikan oleh pemerintah kabupaten setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Kabupaten Tanah Datar Efrison di Batusangkar Selasa, mengatakan dibukanya destinasi Emersia Waterpark diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Datar.

"Emersia Waterpark merupakan satu-satunya wisata wahana air di Batusangkar, harapan kita hadirnya wahana tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ke Tanah Datar," katanya.

Ia mengatakan Emersia Waterpark dinobatkan jadi top 13 destinasi wisata Tanah Datar tergabung dengan beberapa objek wisata lainnya di Tanah Datar.

Diantaranya objek wisata Istano Basa Pagaruyung, Nagari Tuo Pariangan, Panorama Puncak Pato, Panorama Tabek Patah, Danau Singkarak, Lembah Anai, Batu Angkek-Angkek.

Puncak Aua Sarumpun, Aia Angek Padang Gantiang, Pandai Sikek, Pasar Van der Capellen, Emersia Waterpark dan Atraksi Pacu Jawi.

Ia juga mengatakan sebelumnya Kamis, (4/3) telah dilaksanakan diskusi persiapan potensi Geopark Sumatera Barat untuk mendapatkan pengakuan oleh UNESCO.

Saat ini sudah ada tiga geopark gasional di Sumatera Barat, yaitu Bukittinggi dan Agam dengan Ngarai Sianok, Sijunjung dengan Silokek dan Sawahlunto dengan Batu Runcing.

Sementara untuk Kabupaten Tanah Datar dengan Geopark Danau Singkarak dan empat kabupaten lainya di Sumatera Barat sedang pengusulan menjadi geopark nasional.

Ia mengatakan untuk Geopark Singkarak memiliki potensi dan keunikan yang jarang dipunyai geopark lain, misalnya tentang sejarah terbentuknya di patahan Sumatera, memiliki keindahan alam yang mempesona, hingga memiliki kearifan lokal spesifik.

Ia mengharapkan melalui pengakuan UNESCO atau dunia tentang keindahan dan potensi Danau Singkarak dan Tanah Datar umumnya semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung.

"Sehingga masyarakat Tanah Datar juga mendapatkan manfaat ekonomi yang maksimal dari geopark tersebut," katanya.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar