Hari ini KPU Sumbar tetapkan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih, 518 polisi disiagakan

id Polda Sumbar,KPU Sumbar,Sumbar,pilkada sumbar,penetapan calon gubernur terpilih,mahyeldi

Hari ini KPU Sumbar tetapkan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih, 518 polisi disiagakan

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake Bayu (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Sebanyak 518 personel kepolisian akan mengawal rapat pleno KPU Sumatera Barat terkait penetapan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih yang digelar di salah satu hotel di Kota Padang pada Jumat (19/2).

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake Bayu di Padang, Kamis, mengatakan pengawalan akan dilakukan mulai pagi hari hingga kegiatan tersebut selesai dilaksanakan.

Awalnya pada pagi hari Tim Jibom Satbrimobda Polda Sumbar akan melakukan pemeriksaan ruangan yang digunakan dalam penetapan calon.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan ruangan aman dan siap menggelar kegiatan tersebut makan personel Direktorat Objek Pengamanan Objek Vital (Dit Pamobvit) Polda Sumbar memasang alat pemeriksa barang yang dibawa pengunjung,

Selain itu seluruh personel akan melakukan apel untuk melakukan penempatan posisi personel dalam mencegah kerumunan massa pendukung pasangan calon.

"Kami pastikan kegiatan itu dengan menggunakan protokol kesehatan agar tidak ada penyebaran virus COVID-19," kata dia.

Sekretaris KPU Sumatera Barat Firman mengatakan dalam rapat tersebut pihaknya melakukan pembatasan orang yang berada di dalam ruangan rapat pleno.

"Kita sudah melakukan rapat bersama komisioner terkait pelaksanaan kegiatan rapat pleno besok," katanya.

Ia mengatakan hanya 50 orang yang diundang dalam rapat penetapan tersebut mulai dari empat pasangan calon, partai pengusung, Bawaslu Sumbar dan Forkopimda.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 beserta pihak kepolisian dalam memastikan kegiatan ini sesuai dengan protokol kesehatan," kata dia.