Pemuda Muhamadiyah Dharmasraya gelar Musyda ke-IV, ini agendanya

id Pemuda muhammadiyah,musda

Pemuda Muhamadiyah Dharmasraya gelar Musyda ke-IV, ini agendanya

Musyawarah Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Dharmasraya ke-IV, Minggu (24/1). (ANTARA/Ilka Jansen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar musyawarah daerah (Musyda) ke-IV, di Komplek Perguruan Muhammadiyah Kubang Panjang Pulau Punjung.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Roni Hidayatullah, di Pulau Punjung, Minggu, mengatakan, Musyda merupakan forum tertinggi organisasi Pemuda Muhammadiyah di setiap tingkat kabupaten dan kota.

"Musyda memiliki peran strategis bagi perjalanan organisasi ke depan, mengingat nantinya akan diputuskan pedoman dan juga program kerja serta pemilihan pimpinan organisasi yang baru," katanya.

Menurut dia Musyda yang menjadi agenda rutin organisasi setiap empat tahun sekali diharapkan mampu menjadi sarana konsolidasi antara kader dengan segala potensi yang dimilikinya.

Sehingga nantinya akan muncul ide dan gagasan baru yang mampu memperkuat peran dan kontribusi organisasi dalam berbagai bidang kehidupan, lanjut dia.

"Kami dari pimpinan wilayah mengucapkan terimakasih kepada pengurus yang merespon pelaksanaan musyda dengan cepat. Kami mengucapkan selamat bermusyawarah kawan-kawan PDPM Dharmasraya," katanya.

Sementara, Ketua PDPM Dharmasraya Isman mengatakan dalam Musyda akan ada beberapa agenda, antara lain penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus. Terhadap LPJ yang disampaikan akan dilakukan evaluasi untuk perbaikan organisasi ke depan.

Selanjutnya akan dipilih formatur Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah. Formatur terpilih nantinya diberikan mandat untuk menyusun kepengurusan periode berikutnya.

Tema pelaksanaan Musyda kali ini adalah "Meneguhkan Kerja Nyata, Mendorong Dharmasraya Yang Berkemajuan", kata dia.

"Tema ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan spirit bagi seluruh kader Pemuda Muhammadiyah dalam memberikan peran dan kontribusinya bagi umat dan masyarakat khususnya di Kabupaten Dharmasraya," tambah dia.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Dharmasraya Muallimmin Jba, mengharapkan melalui musyawarah ini dapat menciptakan kader-kader pemuda yang berakhlak baik dan amanah dalam menjalankan organisasi.

Ia berpesan kepada para kader pemuda dalam menyampaikan dakwah harus ramah, menyejukkan dan menyentuh dengan pola pikir dan gagasan yang berkemajuan.

“Mudah-mudahan dengan niat yang baik akan membawa kemajuan dan eksistensi yang berkelanjutan bagi gerakan Pemuda Muhammadiyah itu sendiri, dan tatanan masyarakat yang berkemajuan diatas nilai-nilai Islami yang benar” ungkap dia.

Kegiatan ini dihadiri Bendahara Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah Elyusra Muallimin, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Cabang, Ranting Pemuda Muhammadiyah. *