Pemuda Muhammadiyah Dharmasraya salurkan bantuan untuk korban banjir Timpeh

id Dharmasraya,Sumbar,Padang

Pemuda Muhammadiyah Dharmasraya salurkan bantuan untuk korban banjir Timpeh

Ketua PDPM Dharmasraya, Khairul Amri (empat kanan), Sekretaris PDPM Isman (empat kiri), dan angkatan muda muhammadiyah menyerahkan bantuan secara simbolis di posko bencana Kantor Wali Nagari Taratak Tinggi, Kecamatan Timpeh, Dharmasraya, Sumbar, Minggu (12/3). (Antara/HO-PDPM Dharmasraya)  (Antara/HO-PDPM Dharmasraya)

Pulau Punjung (ANTARA) - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menyalurkan bantuan kemanusiaan peduli bencana kepada warga yang terdampak banjir di Kecamatan Timpeh.

Ketua PDPM Dharmasraya Khairul Amri didampingi Sekretaris Isman, di Pulau Punjung, Minggu, mengatakan bahwa penyaluran bantuan sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian angkatan muda Muhammadiyah atas musibah banjir yang terjadi.

"Melalui penghimpunan yang kita lakukan ini mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak, dan menjadi ladang amal bagi donatur dan relawan," katanya.

Menurut dia bantuan yang diberikan nilainya mungkin tidak seberapa dibandingkan penderitaan masyarakat yang terdampak. Namun, semua adalah niat ikhlas sebagai bentuk solidaritas sesama warga.

"Kita hari ini angkatan muda Muhammadiyah bersama datang ke lokasi, mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat serta dapat meringankan beban masyarakat yang terkena musibah," katanya.

PDPM Dharmasraya mengajak semua pihak di Kabupaten Dharmasraya bersama-sama membantu meringankan beban warga yang terdampak banjir di Kecamatan Timpeh dan beberapa wilayah lainnya, kata dia.

"Mari bergerak sesuai porsi masing-masing, ini merupakan panggilan hati para pemuda, diharapkan masyarakat juga ikut serta, baik itu secara individu, kelompok masyarakat, maupun perusahaan," katanya.

Ia menambahkan bantuan disalurkan melalui posko bencana di Kantor wali Nagari Taratak Tinggi. Bantuan yang diberikan berupa 30 paket sembako dan air mineral.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Dharmasraya. Eldison mengatakan banjir disebabkan meluapnya aliran Sungai Batang Timpeh akibat tingginya curah hujan.

Hujan mengguyur Dharmasraya sejak Kamis malam (9/3) pukul 22.00 WIB hingga Jumat pagi (10/3) pukul 6.00 WIB. Akibatnya Sungai Batang Timpeh meluap hingga menggenangi ratusan rumah warga.

Data BPBD Kabupaten Dharmasraya hingga Jumat (10/3) sebanyak 550 kepala keluarga atau 1.896 jiwa terdampak akibat banjir di Kecamatan Timpeh. Data tersebut tersebar di empat nagari, yakni Nagari Taratak Tinggi, Timpeh, Tabek, dan Ranah Palabi.