Bupati Dharmasraya nyatakan kesiapannya untuk disuntik vaksin COVID-19

id berita dharmasraya,berita sumbar,vaksin

Bupati Dharmasraya nyatakan kesiapannya untuk disuntik vaksin COVID-19

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. (antarasumbar/Ilka Jensen)

Pak bupati sudah mengkonfirmasi mengenai kesiapan beliau untuk divaksin,
Pulau Punjung (ANTARA) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyatakan kesiapannya untuk divaksinasi COVID-19 bersama dengan 1.673 tenaga kesehatan di daerah itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, Yosta Defina di Pulau Punjung, Rabu, mengatakan, penyuntikan vaksin COVID-19 tahap pertama di daerah itu dijadwalkan digelar Februari 2021.

"Pak bupati sudah mengkonfirmasi mengenai kesiapan beliau untuk divaksin, saat ini kita masih menunggu jadwal resmi," katanya.

Ia mengatakan vaknsinasi tahap pertama di Kabupaten Dharmasraya dilaksanakan pada termin kedua yakni Februari 2021, untuk hari pelaksanaan masih menunggu pentunjuk lebih lanjut.

Sedangkan daerah yang melaksanakan vaksinasi tahap pertama sesuai jadwal hanya untuk kabupaten/kota yang berada dekat ibu kota provinsi, seperti Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan, dan lainnya, kata dia.

Menurut dia apabila nanti sudah ada jadwalnya pemerintah daerah menyiapkan tempat vaksin di sejumlah Puskesmas di Dharmasraya.

“Sebelum vaksin, kita juga sudah melatih sekitar 15 tenaga medis sebagai vaksinator yang akan menyuntikan vaksin kepada penerima yang sudah didaftarkan," ujarnya.

Ia menambahkan 1.673 tenaga medis yang akan divaksinasi nama-namanya sudah didaftarkan melalui sistem aplikasi yang disediakan. Jumlah tersebut ditambah sebanyak 10 orang terdiri dari bupati dan jajaran Forkopimda.

Terpisah, Presiden Joko Widodo yang baru saja mendapat suntikan vaksin COVID-19 mengatakan vaksinasi menjadi ikhtiar agar Indonesia bebas dari pandemi virus corona jenis baru atau COVID-19.

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada pukul 9.42 WIB pagi ini, saya memulai ikhtiar besar sebagai warga negara Indonesia untuk terbebas dari pandemi ini dengan menerima vaksin COVID-19," kata Presiden Jokowi melalui laman Instagram milikinya pada Rabu.

Presiden Jokowi pada Rabu ini menjalani vaksinasi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta. Vaksinator yang menyuntikkan vaksin Sinovac ke Presiden Jokowi adalah Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Abdul Muthalib.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar