BAKTI Kominfo tingkatkan teknologi jaringan di BTS USO terhubung 4G LTE

id Telkomsel,4G LTE,Bakti,Kominfo

BAKTI Kominfo tingkatkan teknologi jaringan di BTS USO terhubung  4G LTE

ilustrasi Petugas melakukan perawat BTS (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dan Telkomsel meningkatkan teknologi jaringan di seluruh di BTS Universal Service Obligation (USO) untuk terhubung dengan jaringan 4G LTE.

"Hasil Kolaborasi yang kuat antara Telkomsel dan BAKTI telah terjadi sejak tahun 2015 yang kini telah berhasil menggelar BTS USO sebanyak 1.111 titik di seluruh Indonesia," ujar Menteri Kominfo Johnny G. Plate, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis.

Menurut menteri Johnny, pembangunan jaringan ini merupakan wujud nyata Telkomsel bersama Kominfo RI yang ingin terus menghadirkan jaringan 4G LTE yang merata.

"Ini menjadi momentum yang penting bagi kemajuan bangsa, maka dari itu mari kita merayakannya bersama dengan memanfaatkan jaringan melalui kegiatan yang produktif dan bermanfaat untuk kebaikan bersama," menteri Johnny menambahkan.

Hal senada disampaikan Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro. Dia mengatakan, peningkatan teknologi seluruh BTS USO yang kini sudah terhubung dengan jaringan 4G LTE, merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel untuk memastikan percepatan pemerataan dan kesetaraan konektivitas broadband hingga seluruh penjuru negeri.

"Kami berharap, upaya ini dapat mendukung berbagai lini kehidupan masyarakat lebih jauh lagi, sehingga kenyamanan aktivitas digital, terutama proses pembelajaran jarak jauh yang sangat diperlukan di masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan ini, hingga penggunaan saluran digital, serta mendorong transformasi perekonomian digital sektor UMKM di seluruh pelosok negeri," ujar Setyanto.

BTS USO selama ini menjadi salah satu tulang punggung dalam pemerataan akses telekomunikasi di wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T) serta perbatasan negara.

Saat ini, Telkomsel bersama BAKTI telah menggelar 1.111 BTS USO yang kini seluruhnya telah terhubung teknologi jaringan broadband terdepan 4G LTE.

Pengembangan teknologi jaringan tersebut juga menjadi bagian dari total lebih dari 233.000 BTS Telkomsel yang telah beroperasi melayani lebih dari 170 juta pelanggan di sekira 95 persen wilayah populasi di Indonesia.

Untuk rencana ke depan, Telkomsel bersama BAKTI akan membangun tambahan 47 BTS USO baru berteknologi 4G LTE di sejumlah wilayah 3T di Indonesia, guna semakin mengakselerasikan pemerataan dan kesetaraan konektivitas broadband.

Seluruh BTS USO baru tersebut akan segera melayani masyarakat dalam waktu dekat.

Pekan lalu mengumumkan hasil pemilihan blok pita frekuensi radio 2,3GHz pada rentang 2360 – 2390 MHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler, Telkomsel lolos dalam seleksi penggunaan pita frekuensi tersebut.

Tambahan spektrum frekuensi tersebut akan dimanfaatkan Telkomsel untuk memperkuat pengembangan layanan broadband 4G LTE dengan memaksimalkan kapasitas dan kualitas jaringan broadband yang merata bagi masyarakat hingga pelosok negeri.