LLDIKTI-X harapkan dosen PTS tingkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah

id LLDikti, PTS, dosen, karya ilmiah, beritasumbar

LLDIKTI-X harapkan dosen PTS tingkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah

Workshop artikel ilmiah secara daring. (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X mengharapkan agar dosen PTS di wilayah kerjanya, yakni Jambi, Riau, Kepulauan Riau, dan Sumbar meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah.

Menurut Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Ely Susanti mewakili Plt Kepala LLDIKTI Wilayah X Yandri A, SH di Padang, Jumat menulis artikel ilmiah tidak akan terlepas dari kehidupan seorang dosen.

"Oleh karena itu, menulis artikel ilmiah merupakan kemampuan yang mutlak harus dimiliki dosen," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan artikel tersebut nantinya akan dituangkan dalam bentuk publikasi di jurnal baik nasional maupun internasional berdasarkan penelitian yang dilakukan.

Untuk meningkatkan kemampuan menulis serta publikasi artikel ilmiah dosen pada jurnal nasional maupun internasional, ia mengatakan LLDIKTI Wilayah X mengadakan workshop penulisan artikel ilmiah yang diikuti dosen oleh PTS di Provinsi Jambi.

"Kegiatan workshop tersebut diadakan secara daring pada Senin (30/11)," kata dia

Peserta kegiatan workshop tersebut, kata dia dibagi dalam empat kelompok bidang ilmu, yaitu Eksakta, Sosial Humaniora, Kesehatan, dan Pendidikan.

Setelah itu, ia mengatakan kegiatan tersebut dilanjutkan dengan kegiatan klinik konsultasi penulisan artikel ilmiah.

Ely mengatakan kegiatan itu merupakan bentuk kerja sama dari Forkomawa Jambi yang ingin meningkatkan mutu dosen di bidang penulisan artikel ilmiah untuk publikasi jurnal nasional.

Ia mengharapkan dengan adanya kegiatan itu dosen PTS di Jambi semakin meningkat kualitas dan skill dalam menulis artikel ilmiah.

"Kemudian dapat meningkatkan publikasi mereka baik di jurnal nasional seperti SINTA satu sampai enam maupun di jurnal internasional,” kata Ely berharap.