35 orang mahasiswa Malaya University ikuti seminar internasional ilmu lingkungan UNP

id UNP,Seminar internasional,malaya university, kampus merdeka

35 orang mahasiswa Malaya University ikuti seminar internasional ilmu lingkungan UNP

Mahasiswa Malaya University mengikuti International Conference and Environmental Science 2 (ICES) yang digelar oleh Program Studi S3 Ilmu Lingkungan dan S2 Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP).  (Antara/ist)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 35 orang mahasiswa Malaya University mengikuti International Conference and Environmental Science 2 (ICES) yang digelar oleh Program Studi S3 Ilmu Lingkungan dan S2 Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP).

Kegiatan seminar yang digelar selama dua hari tanggal 2-3 Desember 2020 ini diikuti sebanyak 135 pemakalah berasal dari Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Menurut Ketua Pelaksana ICES -2 Prof. Dr. Eri Barlian, M.S, ada peserta yang didampingi oleh promotornya dalam seminar ini, yakni dari Universitas Indonesia Prof. Dr. Haryoto yang hadir sebagai peserta yang mendampingi mahasiswa bimbingannya.

Kegiatan ICES tahun ini mendiskusikan isu-isu yang sangat relevan untuk saat ini, seperti penanganan krisis Pandemi COVID-19 dan ada beberapa artikel yang cukup memberikan novelty terhadap pengembangan ilmu, khususnya Ilmu Lingkungan yang lebih bersifat multidisipliner.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UNP Dr. Refnaldi, M.Litt tersebut, juga telah melahirkan beberapa isu menarik tentang masalah lingkungan, pariwisata, kearifan lokal, masalah stunting, pendidikan lingkungan, kebencanaan, pembangunan dan keberlanjutan lingkungan dalam era Revolusi Industri 4.0 dan perubahan global lainnya termasuk kehidupan New Normal masa pandemi COVID-19.

Selain dari kalangan mahasiswa juga tampil pembicara dari Malaya University Dr. Saffiah Yusoff yang selalu intens mengkaji perubahan-perubahan dan isu lingkungan khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Kedepannya penyelanggaraan seminar ini akan membahas diskursus tentang masalah-masalah baru yang menarik dan sejalan dengan masalah yang dihadapi dunia saat ini, seperti climate change, enviromental and media studies, kejahatan lingkungan, water front city, healthy campus dan Politik dan kebijakan lingkungan.