Baznas Pariaman salurkan dana zakat ratusan juta bantu biaya pendidikan mahasiswa masa pandemi COVID-19

id berita pariaman,berita sumbar,baznas

Baznas Pariaman salurkan dana zakat ratusan juta bantu biaya pendidikan mahasiswa masa pandemi COVID-19

Pelaksana Tugas Walikota Pariaman, Sumbar Mardison Mahyuddin (kiri) menyalurkan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dari keluarga ekonomi kurang mampu di Pariaman, Selasa. (Antarasumbar/Aadiaat M.S.)

Dana tersebut untuk mahasiswa berprestasi yang berasal keluarga miskin yang tujuannya untuk memberikan semangat agar terus belajar,
Pariaman (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menyalurkan dana zakat senilai Rp412.500.000 untuk membantu biaya pendidikan 275 mahasiswa dari keluarga ekonomi kurang mampu pada masa pandemi COVID-19.

"Dana tersebut untuk mahasiswa berprestasi yang berasal keluarga miskin yang tujuannya untuk memberikan semangat agar terus belajar," kata Pelaksana Tugas Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin usai menyalurkan beasiswa tersebut di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan dana tersebut merupakan beasiswa berupa uang senilai Rp1,5 juta/orang dan hal itu tentu dibutuhkan oleh mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan di masa pandemi COVID-19.

Ia menyampaikan dengan diberikannya beasiswa tersebut maka diharapkan mahasiswa dapat lebih semangat belajar dan mengikuti perkuliahan dengan serius.

"Ini merupakan berkah bagi mereka dan diharapkan ini dapat menambah semangat belajar serta sebagai landasan agar nanti menjadi orang yang berguna bagi bangsa, daerah, dan orang tuanya," katanya.

Ia menyampaikan penyaluran beasiswa tersebut tidak termasuk ke dalam program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja), walaupun keduanya menggunakan sumber dana yang hampir sama.

"Saga Saja merupakan program Pemerintah Kota Pariaman yang sumber dananya tidak saja dari Baznas namun juga APBD Pariaman," ujarnya.

Sementara Ketua Baznas Kota Pariaman, Jamohor mengatakan sebelum menyalurkan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dari keluarga miskin pihaknya telah menyalurkan dana zakat untuk program Saga Saja.

"Jadi Saga Saja dan beasiswa berprestasi dananya diambil dari program Baznas yaitu Pariaman Cerdas," kata dia.

Ia menyampaikan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut yaitu warga Kota Pariaman yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi baik yang berlokasi di dalam maupun luar Sumbar.

Sedangkan untuk Program Saga Saja dana yang disalurkan pihaknya mencapai Rp736.922.000 untuk 113 mahasiswa dari keluarga ekonomi kurang mampu yang menempuh pendidikan di sejumlah perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar